Prodi PBA Adakan Kemah dan Rapat Kerja ITHLA Wilayah Jawa Timur

Prodi PBA Adakan Kemah dan Rapat Kerja ITHLA Wilayah Jawa Timur

ITHLA (Ittihadu Thalabah al-Lughah al-Arabiyah bi Indonesia) sebuah organisasi persatuan mahasiswa bahasa Arab Se-Indonesia yang dideklarasikan oleh perwakilan Mahasiswa jurusan BSA dan PBA dari 14 Perguruan Tinggi se-Indonesia pada tanggal 9 Desember 2012 di Kaliurang Yogyakarta.

Organisasi ini mempunyai berbagai kegiatan baik tingkat nasional maupun antar wilayah, salah satunya adalah acara kemah bahasa Arab. Pada tahun ini UNIDA Gontor menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan kegiatan Kemah Bahasa Arab sekaligus rapat kerja ITHLA dewan pimpinan wilayah Jawa Timur yang di adakan oleh organisasi ITHLA wilayah Jawa Timur dengan mengangkat tema “Bersatu Untuk Membumikan Bahasa Arab di Tanah Jawa”.

Acara ini diadakan selama dua hari dari tanggal 5 hingga 6 November 2015 yang bertepatan pada hari Kamis dan Jumat. Adapun rangkaian acara di awali dengan pembukaan dan seminar yang berlangsung di laksanakan Hall CIOS UNIDA Gontor dengan pembicara Ust. Dr. Abdul Hafidz Zaid, M.A dosen UNIDA Gontor dan ketua Pusat Bahasa dengan tema – اللغة العربية وتطبيقها في الحياة اليومية – kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Kemah Bahasa Arab dan Rapat kerja wilayah yang berlokasi di Telaga Ngebel.

Kegiatan Kemah Bahasa Arab didesain seperti layaknya kemah pramuka dengan menggunakan tenda dan terdapat berbagai permainan, perlombaan dan api unggun. Tapi kemah ini mempunyai ciri khas yaitu semua kegiatan kemah wajib menggunakan bahasa Arab. Dengan terealisasinya momen seperti ini bertujuan untuk mempererat Ukhuwwah Islamiyah antar kampus se-Jawa Timur dan menjadikan wadah silaturahmi para pencinta bahasa Arab khususnya di Jawa timur dan seluruh Indonesia pada umumnya.

Acara ITHLA ini dihadiri oleh berbagai mahasiswa dan mahasiswi dari 10 perguruan tinggi yang ada di wilayah Jatim, di antaranya: UNIDA Gontor, UIN Maliki Malang, UIN Surabaya, STAIRA Lamongan, INSTIKA Sumenep, STAIN Kediri, STAIN Ponorogo, UNU Ponorogo, UNHAS Jombang, dan IAIN Tulungagung.

Acara tersebut berakhir pada hari jum’at sore. Penutupan acara dilaksanakan di HALL CIOS UNIDA dan ditutup dengan pemberian Chindramata dan kenang-kenangan kepada setiap instansi dan dilanjutkan dengan foto bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *