Prodi K3 UNIDA Gontor Adakan Praktek Kunjungan Perusahaan ke PT. Indo Acidatama Tbk.

Prodi K3 UNIDA Gontor Adakan Praktek Kunjungan Perusahaan ke PT. Indo Acidatama Tbk.

Program Diploma 4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor Ponorogo adalah Program Studi Vokasi dengan rasio atau perbandingan antara teori dengan praktek/praktikum adalah 40 : 60. Sehingga pengembangan kompetensi dan kemampuan mahasiswa selain melalui serangkaian kegiatan Pembelajaran (Proses Belajar Mengajar) di dalam kelas, mahasiswa juga perlu melakukan kegiatan praktek kunjungan perusahaan untuk mengetahui penerapan K3 di perusahaan khususnya mata kuliah K3 Mekanik dan K3 Bejana Tekan.

Adapun praktek kunjungan perusahaan untuk mata kuliah K3 Mekanik dan K3 Bejana Tekan adalah di PT. Indo Acidatama, Tbk Karanganyar.  PT. Indo Acidatama Tbk. adalah perusahaan yang bergerak di bidang chemical industry dengan produk ethanol, acetid acid, dan Ethyl Acetate I dan II. Selain itu perusahaan tersebut juga menghasilkan produk agro yaitu untuk pertanian, peternakan, dan Perikanan. Dalam operasionalnya PT. Indo Acidatama menggunakan alat berat yang digunakan untuk alat angkat dan angkut material maupun hasil produksi sehingga mahasiswa dapat memahami bagaimana prosedur penggunaan alat berat tersebut. PT. Indo Acidatama juga menggunakan bejana tekan yang digunakan untuk pembangkit energi seperti boiler dan tangki-tangki penyimpan cairan kimia.

Praktek kunjungan perusahaan ke PT. Indo Acidatama Tbk. dilaksanakan pada hari Rabu 21 Oktober 2015 pukul 13.00 WIB – selesai. Realisasi pelaksanaan Pelatihan Ahli K3 Umum ini mencapai 99 % yaitu :

  1. Praktikum dan praktek kunjungan diterima dengan baik dan diadakan safety induction.
  2. Mahasiswa mendapatkan penjelasan terkait penerapan K3 Mekanik dan K3 Bejana Tekan di Indo Acidatama, Tbk.
  3. Rencana Kerjasama (MoU) antara Prodi D4 K3 FIK UNIDA dengan PT. Indo Acidatama Tbk. Akan ditindaklanjuti oleh Pihak PT. Indo Acidatama Tbk.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *