Prodi IQT Fakultas Ushuluddin UNIDA Gontor Jalin Kerjasama Dengan PPA Ibnu Katsir Jember

Prodi IQT Fakultas Ushuluddin UNIDA Gontor Jalin Kerjasama Dengan PPA Ibnu Katsir Jember

UNIDA Gontor – Salah satu dari kegiatan inti sebuah lembaga adalah mengembangkan kerjasama antar lembaga baik nasional maupun internasional. Pada Hari Rabu, 30 Agustus 2017 perwakilan Pondok Pesantren Al-Qur’an (PPA) Ibnu Katsir berkunjung ke Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor guna mengadakan Memorandum of Understanding (MoU) dengan sekaligus diperkuat dengan Memorandum of Agreement (MoA) di tingkat Fakultas/Prodi agar lebih realistis.

Ketua rombongan PPA Ibnu Katsir Ust. KH. Khoirul Hadi L.c sangat serius dalam menawarkan beberapa program penting yang bisa saling menguntungkan untuk kedua lembaga baik PPA Ibnu Katsir maupun Program Studi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir fakultas Ushuluddin UNIDA Gontor, diantara penawaran kerjasama antara kedua lembaga adalah kegiatan akselesari muhafizh Al-Qur’an yang diadakan di Batu, Malang Jawa Timur, sedangkan yang dibutuhkan oleh pihak PPA Ibnu Katsir adalah peningkatan bahasa asing bagi para huffazh yang berjumlah sekitar 200 orang di Jember. Artinya akan ada pertukaran alumni antara kedua belah pihak.

Gerakan tahfizh di UNIDA Gontor merupakan salah satu pondasi utama Islamisasi. Oleh karena itu peningkatan kualitas para muhafizh mutlak harus diwujudkan. Bapak Dekan Ushuluddin Ust. Syamsul Hadi Untung M.A, M.LS menugaskan kepada Ka. Prodi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir (IQT), Rochmad, M.A untuk mengawal penuh kelanjutan dari MoA tersebut.

Para rombongan pun melanjutkan kunjungan ke Markaz Al-Qur’an UNIDA Gontor yang disambut oleh Ust. Dr. Kholid Muslih selaku kepala Markaz Al-Qur’an bersama tim untuk menekankan bahwa MoA antar lembaga ini sangat membutuhkan dukungan dari Markaz Al-Qur’an UNIDA Gontor. Dan akhirnya semua pihak berharap ke depan UNIDA Gontor dapat menelurkan lebih banyak lagi para huffazh, tentu saja diawali dari peningkatan SDM (Sumber Daya Manusia) para Muhafizh. [Rochmad/IQT]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *