Prodi Hukum Ekonomi Syariah  Lakukan Kegiatan PPL di Pengadilan Negeri Kudus

Prodi Hukum Ekonomi Syariah Lakukan Kegiatan PPL di Pengadilan Negeri Kudus

KUDUS – Praktek  Pengayaan lapangan (PPL) hukum merupakan salah satu dari berbagai macam rentetan kegiatan yang wajib dilakukan oleh mahasiswa program studi hukum ekonomi syariah semester tujuh, kegiatan PPL dalam program studi hukum ekonomi syariah ini terdiri dari dua tahap yaitu PPL dalam hal hukum perdata, pidana dan PPL ekonomi.

Tepat pada tanggal 27 Agustus 2017 mahasiswa HES semester tujuh kampus pusat siman, melaksanakan kegiatan PPL Hukum ke Pengadilan Negeri Kudus yang bertempat di Kota Kudus, kegiatan ini dimulai dari pesan dan nasehat oleh Dosen Prodi HES Ust. Annas Syams Rizal, S.E., M.E, dilanjutkan dengan melepas para peserta PPL hukum yang berjumlah sepuluh orang.

Kegiatan ini dilaksanakan selama kurang lebih dua minggu, dengan beberapa pengurangan dihari libur Nasional seperti hari raya Idul Adha, libur akhir pecan sabtu dan minggu. Kegiatan yang dilakukan setiap harinya merupakan penyampaian materi oleh beberapa praktisi di pengadilan seperti dari hakim, hakim anggota maupun dari panitera dll. Kemudian para peserta dapat melihat langsung proses pengadilan dalam perkara perdata maupun pidana, selain itu, para peserta juga diberi kesempatan melaksanakan mood court ataupun praktek peradilan semu dalam perkara perdata maupun pidana yang dibimbing langsung oleh praktisi dari hakim.

Harapan kedepannya kepada peserta selanjutnya, dapat melaksanakan kegiatan dengan persiapan yang matang dan dapat lebih baik dari sebelumnya, sehingga dapat mengangkat program studi Hukum Ekonomi Syariah menuju program studi terbaik dan membawa nama baik kampus Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *