Prodi HES UNIDA Gontor Adakan Public Lecture Tentang “Pembiayaan Syariah Negara”

Prodi HES UNIDA Gontor Adakan Public Lecture Tentang “Pembiayaan Syariah Negara”

UNIDA Gontor – Mahasiswa di lingkungan Universitas Darussalam Gontor tidak pernah kosong dari kegiatan. Berbagai jenis kegiatan selalu diadakan setiap harinya. Kehidupan mahasiswa terlihat sangat dinamis dengan banyaknya kegiatan yang mengisi hari-hari mahasiswa. Bukan hanya kegiatan perkuliahan melainkan kegiatan yang diadakan di luar kelas pun sangat beragam. Wakil Rektor menyampaikan bahwa “Kegiatan yang begitu padat pun dilaksanakan pada hari-hari libur, seperti halnya hari Jum’at yang seharusnya waktu libur namun justru diisi dengan kegiatan seminar dan ini sangat positif”. Ini merupakan falsafah Pondok Modern Darussalam Gontor bahwa Pondok Pesantren tidak pernah tidur selamanya, begitu pula dengan Kampus UNIDA Gontor.

Hal tersebut direalisasikan oleh mahasiswa fakulas Syariah UNIDA Gontor yang mengadakan acara kuliah umum yang berjudul “Pembiayaan Syariah Negara”. Acara tersebut dihadiri oleh bapak Langgeng Basuki selaku Kasubdit peraturan SBSN dan Evaluasi Kinerja, Direktorat Pembiayaan Syariah. Seminar Public Lecture tersebut mengambil tema tentang Sukuk Negara Sebagai Instrumen Pembiayaan APBN dan Instrumen Investasi Berbasis Syariah.

Acara ini bertujuan untuk memberi pengetahuan kepada seluruh mahsiswa tentang sistem pembiayaan negara saat ini dan juga pengetahuan tentang perbedaan sukuk negara dan obligasi. Selain mendapatkan ilmu pengetahuan tentang materi seminar mahasiswa juga dididik dengan cara mengorganisasi acara tersebut. Mereka berlatih bekerjasama dengan teman-temannya untuk mensukseskan acara tersebut. “Dengan adanya acara ini akan memupuk kebersamaan kalian dari seluruh Fakultas Syariah”, nasehat Kaprodi Hukum Ekonomi Syariah (HES).

Adapun jumlah peserta keseluruhan dalam acara tersebut kurang lebih 150 peserta dan 22 dari panitia yang terdiri dari Seluruh semester 3 dari Fakultas Syariah. Acara yang dimulai sejak pukul 09.00 WIB tersebut berjalan cukup lancar. Peserta pun terlihat sangat antusias mendengarkan materi yang disampaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *