Prodi HES Gelar Pelatihan Aplikasi Bank Mini Syariah

Prodi HES Gelar Pelatihan Aplikasi Bank Mini Syariah

UNIDA Gontor – Selasa, (3/10) Program Studi Ekonomi Syariah (HES) bersama Himpunan Mahasiswa  Prodi (HMP) Hukum Ekonomi Syariah (HES) mengadakan sebuah pelatihan bank mini syariah yang diikuti oleh mahasiswa HES kampus pusat siman, bertempat di hall terpadu lantai 3 dan lab komputer mini bank Universitas Darussalam Gontor.

Seminar ini menggali tentang  bagaimana menjadi seorang pegawai bank yang sesuai dengan syariat Islam, Acara ini dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Syariah, Imam Kamaluddin lc., M.hum. dilanjutkan dengan sambutan dari Ka Prodi HES Muqorobin M.A,

Materi Pelatihan ini disampaikan oleh Yayan Firmansyah, M.psdm, Annas Syams Rizal F, S.E.I,. M.E dan Wahyu Nugroho S.H.I, mereka adalah ahli dalam perbankan, berpengalaman sebagai praktisi dibidang perbankan baik konvensional maupun syariah.

Panitia Pelaksana Alvi Syahrin mengatakan “Sebagian  orang beranggapan bahwasannya menjadi pengurus di suatu lembanga keuangan khusunya di perbankan  itu mudah, tetapi pada hakikatnya perlu  kerja keras dan ketelititian serta kedetailan untuk mengatur keuangan masyarakat ataupun negara.”

Lanjut Alvi, Oleh karena itu, pada pelatihan ini peserta seminar diajari secermat mungkin, seteliti mungkin untuk menjadi costumer service, teller, security, serta menjadi nasabah yang baik. Selanjutnya praktek langsung lebih ditekankan pada pelatihan ini guna merasakan dan mengetahui bagaiman menjadi pengurus bank yang baik.

Pelatihan ini belangsung selama tiga hari, hari pertama selasa, 3 oktober 2017 pukul 13.00 WIB, materi disampaikan Wahyu Nugroho, S.H.I dan Annas Syams Rizal Rizal F, S.E.I,. M.E memaparkan tentang rahasia perbankan teknisi dalam suatu perbankan. Hari kedua rabu, 4 oktober 2017 pukul 08.00 WIB. Acara lanjutan dengan praktek sofwer dasar bank, pemaparan materi ini disampaikan Yayan Firmansyah, M.psdm ahli dalam program perbankan, baik itu dari costumer service maupun teller. Hari terakhir, kamis 5 oktober 2017 jam 08.30 wib. Peraktek menjadi pengurus di perbankan baik itu dari nasabah, security,costumer service, teller. Dimulai dari brifing morning atau ceremony morning yang dipimpin lansung oleh brind mannager sekaligus membuka tugas pada hari itu dengan doa, hingga penutupan yang dilaksanakan langsung di lab tersebut.

Semoga dengan diadakannya pelatihan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa UNIDA Gontor terkhusus prodi HES terkait manajemen pengelolaan perbangkan syariah sehingga dikemudian hari mereka dapat mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkannya. [publikasi HES]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *