Prodi HES Buka Kegitan Mahasiswa dengan Buka Puasa Bersama

Prodi HES Buka Kegitan Mahasiswa dengan Buka Puasa Bersama

UNIDA Gontor – Sudah menjadi tradisi di Pondok Modern Darusalam Gontor (PMDG) dan Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor khususnya, dalam memulai sebuah kegiatan di awali dengan mengadakan Acara Pembukaan seperti Khutbatul Arsy yang diadakan untuk memulai aktivitas dan kegiatan di Pondok Modern Darusalam Gontor.

Dalam lingkup yang lebih kecil Program Studi Hukum Ekonomi Syariah (HES) UNIDA Gontor juga menjalankan tradisi tersebut yaitu membuka kegiatan kemahasiswaan dengan mengadakan acara Buka Puasa Bersama dan Seminar dengan tema “Keorganisasian HMP dalam Prodi Hukum Ekonomi Syariah”.

Acara pembukaan kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 7 september 2017 sehari sebelum hari raya Idul Adha bertepatan dengan puasa sunah arofah. Bertempat di Gedung Markas Sirah Nabawiyah. Acara ini melibatkan seluruh mahasiswa Prodi Hukum Ekonomi Syariah mulai dari semester 1 sampai alumni HES dari angkatan 2015 – 2016.

Rangkaian Acara Buka Puasa Bersama Prodi HES diawali dengan Seminar yang diisi oleh alumnus Prodi HES yang merupakan  peserta Program Kaderisasi Ulama (PKU) Angkatan ke XI Usamah Abdurrahman, S.H., dalam seminarnya ia berbagi pengalaman keorganisasian yang pernah diembannya seperti divisi Riset Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) CIOS ketua Senat Mahasiswa Fakutas (SMF) Syari’ah, ketua Dewan Mahasiswa (DEMA) UNIDA Gontor kampus siman, dsb.

Usamah, sapaan akrabnya mengatakan dihadapan mahasiswa Prodi HES “jurusanmu saat ini tidak menentukan masa depanmu, akan tetapi sejauhmana dapat menggali potensi kemampuan puncak yang ada di dalam diri, salah satu sarananya adalah dengan aktif di keorganisasian, dari sinilah kita ditempa dan dibentuk”. Adapun tujuan Seminar ini adalah mengingatkan kembali mahasiswa HES untuk kembali pada niat awal yaitu “Belajar”.

Hadir dalam acara tersebut Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Darussalam (YPTD) Sekaligus Dosen Fakultas Syariah Dr. Mulyono Jamal, M.A, Dekan Fakultas Syariah. Imam Kamaluddin, L.c., M.Hum., Ka Prodi Hukum Ekonomi Syariah Muqorobin, M.A., Dosen Podi HES., Annas Syams Rizal F,. S.E.I,. M.E dan Farid Hilal, M.A.

Dalam kesempatan tersebut Dr. Mulyono Jamal, M.A., dan Imam Kamaluddin, Lc., M.Hum., menyampaikan pesan dan nasehat kepada seluruh keluarga Prodi HES yang hadir pada saat itu dilanjutkan dengan sambutan oleh Muqorobin, M.A., beliau menyampaikan “Prodi HES harus lebih baik dari tahun ke tahun”.

Tiba waktu maghrib, seluruh dosen dan mahasiswa yang melaksanakan ibadah puasa sunah arofah membatalkan puasanya dengan menyegerakan iftor kemudian shalat maghrib berjama’ah dilanjutkan dengan menikmati hidangan. Rangkaian acara ini ditutup dengan perphotoan bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *