Adiwarman Karim: Indonesia akan jadi Kiblat Industri Halal Dunia

Adiwarman Karim: Indonesia akan jadi Kiblat Industri Halal Dunia

Mantingan – Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Manajemen UNIDA Gontor sukses menggelar Seminar Nasional yang mengangkat tema “Perkembangan Ekonomi Islam Berkelanjutan di Era Digital”. Pemateri dalam seminar nasional ini ialah Dr. Adiwarman Azwar Karim, MBA., MAEP., seorang pakar Ekonomi Islam, akademisi dan praktisi di bidang ekonomi syariah, juga salah satu anggota Dewan Syariah Nasional MUI sekaligus dewan pengawas syariah dari sejumlah lembaga perbankan syariah di Indonesia.

Ka Prodi Ekonomi Islam Royyan Ramdhani Djayusman, M.A Memberikan Kenang-kenangan Cinderamata kepada Dr. Adiwarman Azwar Karim, MBA., MAEP. Usai seminar.

Kegiatan yang berlangsung pada Rabu, 16 Januari 2019 di Aula MBUD (Management Business University of Darussalam), UNIDA Gontor ini dihadiri oleh kurang lebih 400 peserta yang berasal dari berbagai jurusan di UNIDA Gontor dan ditambah dengan peserta yang berasal dari kampus lain sebagai peserta IESCO (Islamic Economics Olympiad) seperti: Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Semarang, IAIN Palangkaraya, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, STEI Tazkia Bogor.

Ini merupakan kali pertama Bapak Adiwarman Azwar Karim menginjakkan kaki di UNIDA Gontor Kampus Putri. Ia memberikan apresiasi yang luar biasa saat mengelilingi Pondok Modern Darussalam Gontor Putri dan UNIDA Gontor Kampus Putri. Kegiatan inipun mendapatkan antusias yang sangat luar biasa dari para peserta dikarenakan ‘saweran’ yang dilakukan oleh Bapak Adiwarman kepada mahasiswa peserta seminar nasional yang berhasil menjawab pertanyaannya. Banyak diantara mahasiswi berhasil mendapatkan uang senilai 50 ribu rupiah atas keberhasilannya menjawab pertanyaan.

Seminar Nasional “Perkembangan Ekonomi Islam Berkelanjutan di Era Digital”.

Dalam materi yang disampaikannya, ia memaparkan bahwa Indonesia itu keren, perkembangan ekonomi syariah di Indonesia diyakini akan menjadi kiblat bagi industri halal di dunia. Hal tersebut didasari oleh fakta bahwa mayoritas masyarakat Indonesia adalah umat Islam, termasuk di dalamnya adalah peningkatan jumlah kelompok masyarakat kelas menengah. Hal tersebut didukung pula oleh realitas di masyarakat bahwa gaya hidup yang menampilkan simbol-simbol Islami semakin meningkat dan menjadi bukti kreativitas masyarakat Indonesia. Fashion, Food, Fun bahkan Finance, diyakini akan menjadi pusat industri halal Indonesia terbesar di dunia.

“Alhamdulillah kegiatan yang sungguh luar biasa, berhasil diadakan oleh UNIDA Gontor Kampus Putri, kami bangga dengan apa yang kalian usahakan. Semoga mampu dipertahankan dan ditingkatkan di masa mendatang,” ungkap Atika Masrifah selaku dosen Prodi Ekonomi Islam FEM UNIDA Gontor. Ia mengatakan bahwa seluruh rangkaian acara berjalan lancar dan in shaa Allah kegiatan ini akan menjadi salah satu nilai tambah bagi pengalaman mahasiswi-mahasiswi UNIDA Putri, khususnya mahasiswi Ekonomi Islam.

“Terima kasih kepada seluruh pihak yang terkait dalam kegiatan ini. Alhamdulillah kegiatan ini terlaksana karena adanya dukungan yang luar biasa dari anak-anakku prodi Ekonomi Islam Kampus UNIDA Putri. Semoga kekompakan yang ada sekarang, kedepan akan semakin kuat,” tambahnya.

Acara berakhir dengan tertib hingga sesi perfotoan bersama Bapak Adiwarman Karim sebagai penutup acara seminar nasional ini. Setelah itu dilanjutkan dengan agenda ramah tamah oleh panitia kegiatan seminar nasional. [Atika]

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *