Prdi IlKom UNIDA Gontor Adakan Semiloka Lanjutan Bersama Universitas Dr. Unitomo Surabaya

Prdi IlKom UNIDA Gontor Adakan Semiloka Lanjutan Bersama Universitas Dr. Unitomo Surabaya

Semiloka ke- II yang bertema “Research Development dan Manajemen Prodi Ilmu Komunikasi” ini telah dilaksanakan pada tanggal 3-4 Desember 2015 di Universitas Dr. Soetomo Surabaya. Semiloka ini merupakan lanjutan semiloka I yang sudah dilaksanakan sebelumnya di UNIDA Gontor pada tanggal 3-4 Oktober 2015 lalu. Acara ini perlu dilaksanakan kembali sebagai bentuk upaya persiapan borang pada tahun 2016 nanti.

Dalam semiloka lanjutan ini kami saling berbagi ilmu cara mengelola prodi ilmu komunikasi agar lebih sistematis, terutama dalam hal administrasi. Terkait hal itu maka diupayakan untuk dibentuk tim manajemen yang mampu mengurusi administrasi prodi. Tim manajemen tersebut diharapkan mampu mengatur segala arsip yang terkait dengan posisi dan eksistensi para dosen. Seperti mengupayakan adanya SK Rektor tentang struktural Prodi, Surat Tugas, SK Tim Kurikulum, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.

Selain itu, dalam semiloka tersebut dibahas bagaimana prosedur melakukan penelitian agar mendapatkan hibah dari DIKTI. Terkait hal tersebut maka Prodi Ilmu Komunikasi mengupayakan untuk bekerjasama dengan LPPM UNIDA Gontor agar bisa mendapatkan validasi dalam pengajuan hibah penelitian DIKTI, hal ini karena Prodi Ilmu Komunikasi UNIDA Gontor telah mempersiapkan konsep penelitian dan para dosen sebagian besar telah memiliki NIDN.

Konsep pengabdian masyarakat dibahas pula dalam semiloka lanjutan tersebut. Prodi Ilmu Komunikasi UNIDA Gontor juga telah membuat konsep salah satu Tridharma Perguruan Tinggi. Maka dalam kesempatan tersebut perlu dibagikan strategi dalam pelaksanaan pengabdian masyarakat. Dalam kesempatan yang sama pula dibahas juga metode pembelajaran SCL (Student Centre Learning), yang menjadi acuan pembelajaran di perguruan tinggi agar mahasiswa lebih aktif, produktif dan kritis.

Melalui Semiloka ke-II ini diharapkan Prodi Ilmu Komununikasi UNIDA Gontor bisa lebih matang dalam mempersiapkan kebutuhan borang 2016. Prodi ILKOM UNIDA Gontor juga berharap agar bisa menjadi Program Studi yang maju dan produktif sehigga bisa membanggakan nama baik Universitas Darussalam Gontor.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *