PPMI Assalaam Sambut Hangat Kehadiran PKU VIII

PPMI Assalaam Sambut Hangat Kehadiran PKU VIII

SUKOHARJO–Pondok Pesantren Modern Islam (PPMI) Assalaam menyambut dengan hangat kedatangan rombongan Program Kaderisasi Ulama (PKU) VIII Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor, Jum‘at (20/2) malam. Pada kesempatan ini, PKU diperkenankan menggelar workshop tentang pemikiran dan peradaban Islam di hadapan sejumlah santri dan guru pondok pesantren yang berlokasi di Sukoharjo, Surakarta, Jawa Tengah, tersebut.

Tiga peserta PKU VIII yang berkesempatan tampil pada malam itu menyampaikan tema beragam. Salah satunya membahas tentang ijtihad dalam tahqiqu al-manath. Materi ini dijelaskan secara sistematis oleh Muryadi. Menurut peserta PKU VIII yang berasal dari Bojonegoro ini, banyak orang yang salah menerapkan hukum Allah karena mereka tidak meneliti terlebih dahulu obyek suatu hukum syariat dengan melihat personal, kondisi, waktu, tempat, dan komponen realitas lainnya.

Tema kedua disampaikan oleh M. Shohibul Mujtaba tentang konsep ikhtilaf dalam Islam. Ia menjelaskan, perbedaan pendapat di kalangan umat Islam bukanlah hal yang baru. Hal ini telah terjadi di antara para ulama terdahulu. Namun, perlu digarisbawahi, mereka berbeda pendapat bukan pada permasalahan pokok atau ushul yang sudah jelas ketentuan hukumnya di dalam Al-Qur’an dan Hadis. Adapun perbedaan pendapat di antara para ulama itu bisa terjadi pada beberapa permasalahan furu’ yang memang masih bisa diperdebatkan, karena ketentuan hukumnya belum dijelaskan secara gamblang, baik di dalam Al-Qur’an maupun Hadis Rasulullah Saw.

Pembicara ketiga, M. Faqih Nidzom, menyampaikan materi tentang konsep ilmu pengetahuan dalam Islam. Dalam pemaparannya, ia juga menguak problem keilmuan Barat yang jauh dari nilai-nilai keislaman. Jika konsep keilmuan dari Barat itu tidak diislamisasi, maka ilmu yang disampaikan di sekolah-sekolah tidak akan membuat orang terdidik atau beradab. Ilmu tidak membuatnya semakin dekat dengan Allah, tapi malah semakin jauh dari petunjuk Allah.*elk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *