Universitas Darussalam Gontor

Persiapkan Ahli Bahasa Arab, UNIDA Gontor Utus 2 Alumninya Ikuti Daurah Lughawiyyah di Qatar University

UNIDA Gontor – Demi peningkatan kemampuan mahasiswa dalam penguasaan Bahasa Arab, UNIDA Gontor mempersiapkan pendidik yang berkompeten di bidang tersebut. Untuk tindak lanjut UNIDA Gontor yang telah memiliki MoU dengan Qatar University sejak tahun 2013, maka didelegasikanlah 2 orang utusan untuk mengikuti Daurah Lughawiyyah yang diadakan oleh universitas tersebut selama satu tahun. Pendelegasian ini sudah berlangsung sejak tahun 2013-2014 hingga saat ini generasi ke-8.

Program ini bernama “Arabic for Non Native Speaker” (ANNS) dan telah resmi dibuka untuk tahun ajaran ini pada 11 Agustus 2020, dan akan berakhir pada bulan April 2021. Pembelajaran di dalamnya meliputi penguatan tentang empat mahaarah lughawiyyah, yaitu al istimaa’ (listening), al kalaam (speaking), al qiraa’ah (reading) dan al kitaabah (writing). Selain Indonesia, peserta daurah lainnya berasal dari negara Amerika, Korea, Nigeria, Albania, Bosnia, Ukrania, India, Turki, Malaysia, Jepang, dan lain-lain.

Sammay dan Indah seusai kuliah online di Qatar University

Dua alumni UNIDA Gontor yang diutus tersebut adalah Sammay Alfi Sa’adah, S.Pd dan Indah Maulidia Rahma, S.Ag. Keduanya saat ini sedang melalui tahap Ujian Akhir Semester (UAS) secara daring dikarenakan keadaan belum memungkinkan untuk keberangkatan ke Qatar. Program ini diharapkan, keduanya mampu berkontribusi terkait kebahasaan di UNIDA Gontor, khususnya Bahasa Arab. (Author: Ria Fauziah Salma /Editor: Mochamad Nuruz Zaman)

Ahmad Kali Akbar

Ahmad Kali Akbar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *