Perkuat Pilar Ekonomi Umat; Oktober Mendatang, UNIDA Gontor Gelar Konferensi Wakaf Internasional

Perkuat Pilar Ekonomi Umat; Oktober Mendatang, UNIDA Gontor Gelar Konferensi Wakaf Internasional

UNIDA Gontor – Tantangan pembangunan ekonomi ummat memerlukan berbagai instrumen yang dapat menunjang pilar-pilar utamanya. Salah satu instrumen tersebut adalah wakaf. Demikian disampaikan oleh Dr. Hamid Fahmy Zarkasyi, Wakil Rektor I UNIDA Gontor dalam rapat persiapan pelaksanaan International Conference on Waqf yang rencananya akan dilaksanakan di UNIDA Gontor pada tanggal 30-31 Oktober 2018

“Konferensi ini merupakan usaha untuk membangkitkan kembali waqf untuk memberdayakan umat,” papar Dr Khoirul Umam,” steering committee konferensi ini. “Dan adalah sebuah urgensi bagi UNIDA Gontor untuk mengadakan konferensi ini karena Pondok Modern Darussalam Gontor merupakan institusi pedidikan di Indonesia yang telah mengamalkan konsep wakaf produktif untuk tujuan pendidikan.”

Konferensi ini akan menghadirkan para pakar dunia dalam bidang waqf, yaitu Prof. Mehmet Bulut, Prof Murat Çizakça dan Prof Monzer Kahfselaku invited speaker. “Selain itu, konferensi ini juga membuka call for paper bagi para akademisi maupun praktisi, dalam maupun luar negeri,” ungkap Ustadz Royyan Ramdhani Djayusman, MA, ketua pelaksana konferensi ini.

Dalam pelaksanaanya, konferensi ini akan bekerja sama dengan Bank Indonesia. “Alhamdulillah, beberapa waktu lalu kami telah menandatangani MoU dengan BI untuk kerja sama dalam berbagai bidang, dan salah satu yang akan kita jajaki adalah kerja sama dalam konferensi ini,” tutur Ustadz Eko Nur Cahyo, MA, kepala biro kerja sama UNIDA Gontor.

Acara ini, merupakan salah satu kegiatan yang diprakarsai oleh ICAST UNIDA Gontor. ICAST, International Center for Awqaf Studies, merupakan sebuah pusat studi yang berfokus dalam melahirkan para akademisi dan praktisi yang profesional dalam bidang wakaf. “Pengalaman dari invited speaker dan para peserta diharapkan dapat memperkaya khazanah keilmuan dalam bidang wakaf, yang nantinya dapat diaplikasikan dalam pengelolaan berbagai institusi wakaf yang ada di Indonesia maupun luar negeri,” ungkap Ustadz Syahruddin, M.Sc.Fin, Direktur ICAST UNIDA Gontor.

“Bagi peserta yang ingin mengikuti konferensi ini dapat mengirimkan abstraknya sebelum tanggal 5Agustus 2018. Abstrak yang diterima akan diumumkan pada 25 Agustus 2018 untuk selanjutnya diharapkan mengirimkan full paper pada 5 Oktober 2018. Pada 15 Oktober, panitia akan mengumunkan paper yang diterima untuk mengikuti konferensi,” papar Ustadz Royyan. [Taufiq/Ed. H. Wafi]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *