Peringati Hari Pemberontakan PKI, UNIDA Gontor Adakan Nonton Bareng Film Dokumenter G30SPKI

Peringati Hari Pemberontakan PKI, UNIDA Gontor Adakan Nonton Bareng Film Dokumenter G30SPKI

UNIDA GONTOR – Pondok Modern Darussalam Gontor menjadi salah satu sasaran pemberontakan PKI Madiun di tahun 1948. Bangunan pesantren hingga buku-buku arab dan Al-Qu’ran dibakar, bahkan para santri dan kyai diancam dibunuh jika tidak bergabung degan mereka. Untungnya, mereka berhasil kabur dari kejaran dan kebiadapan PKI. Bangunan Pusaka atau Pendopo dan Masji Al-Atiq di Gontor menjadi saksi bisu sejarah kelam pemberontakan PKI.

Universitas Darussalam melalui Direktorat Kepengasuhan berkaloborasi bersama Dewan Mahasiswa (DEMA) dan Resimen Mahasiswa (MENWA) mengadakan Nonton Bareng pada hari Ahad, 30 September 2018/20 Muharam 1440, bagi seluruh civitas akademik, untuk memperingati Gerakan Komunisme yang puncaknya dikenal dengan G30SPKI. Hal ini perlu diadakan untuk mengingatkan dan memberi kewaspadaan terhadap PKI yang menjadi sejarah kelam bangsa Indonesia dan merupakan bahaya laten yang tak dapat ditoleransi keberadaanya di Negara Pancasila ini.

Tahun ini merupakan tahun kedua pelaksanaan Nobar di Kampus Pusat UNIDA Gontor dan kegiatan ini didukung penuh oleh Rektor Universitas Darussalam Gontor. Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A., putra pendiri gontor mengatakan bahwa, Gontor sangat mendukung penuh pemutaran Film G30S/PKI setiap tahun agar generasi sekarang dan yang akan datang itu tau bahaya dari pada PKI dan menjadi sejarah kelam dengan pemberontakannya itu.

Acara dimulai pukul 08.00 tepat dan diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Muzakky Muhammad Personil Menwa Unida prodi Ilmu Komunikasi Semester 1. Acara kedua yakni Sambutan, sambutan pertama dari wakil rector 2 Dr. Setiawan Bin Lahuri,MA,Kemudian wakil rector 3 Dr. Muhammad Hafidz Zaid , M.A. dan diakhiri oleh sambutan Dr. Ahmad Hidayatullah, M.A. Putra Pendiri Gontor sekaligus Doa.

Acara Nobar film berdurasi 4 jam dimulai pukul 08.30- 13.30, disambut antusias oleh seluruh Civitas Akademika UNIDA GONTOR. Semoga dengan diadakannnya acara ini, bisa menambah pengetahuan kita dan kewaspadaan kita terhadap bahaya partai komunis tersebut, (Agus W./Ed. Iqbal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *