Peringati 70 Tahun PBB, HI UNIDA Adakan Acara United Nations Day 2015

Peringati 70 Tahun PBB, HI UNIDA Adakan Acara United Nations Day 2015

Salah satu kajian fundamental dalam studi Hubungan Internasional adalah kajian tentang organisasi internasional. Pentingnya kajian organisasi internasional dalam studi HI juga diperkuat dengan semakin meningkatnya peran organisasi-organisasi internasional tersebut dalam berbagai dimensi hubungan internasional, baik berkenaan dengan dimensi high politics maupun low politics. Salah satu organisasi internasional yang memiliki peranan yang sangat luas tersebut adalah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Mengingat umur PBB yang menginjak 70 tahun pada tanggal 24 Oktober 2015, Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Hubungan Internasional mengadakan acara “United Nations Day 2015”. Dengan mengangkat tema Commemorating the UN: Recalling UN’s Role Toward Interfaith Conflict Resolution. Acara yang terselenggara pada tanggal 31 Oktober 2015 ini berutjuan untuk menambah wawasan mahasiswa terutama mahasiswa Program Studi Ilmu Hubungan Internasional untuk mengenal lebih dalam tentang PBB dan pencapaiannya dalam bidang resolusi konflik antar umat beragama.

Acara pertama dalam rentetan United Nations Day 2015 adalah seminar yang dibawakan oleh Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Azerbaijan Drs. Husnan Bey Fananie, M.A. Acara tersebut berjalan menarik dengan semangat luar biasa dari pembicara.

Setelah rehat siang sejenak, acara United Nations Day 2015 kembali dibuka dan menuju sesi selanjutnya, yakni pemutaran film dan food fair. Sembari menunggu diputarnya film, peserta acara diberi jamuan makanan ringan khas negara-negara asing (seperti takoyaki, croissant, roti canai dan muffin) dan minuman es kelapa muda. Selain itu, peserta juga disuguhkan penampilan menarik berupa teatrikal puisi oleh UKM Tim Ilustrasi dan musik oleh UKM Dimensi. Setelah dirasa cukup, acara movie time dimulai dan peserta disuguhi tiga film pendek dokumenter yang berkenaan dengan isu konflik antar umat beragama. Dengan berakhirnya acara movie time, maka berakhir pula rentetan acara United Nations Day 2015.

Acara yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Hubungan Internasional ini diikuti oleh mahasiswa UNIDA Gontor dan utusan kampus sekitar seperti STAIN dan UNMUH Ponorogo. Para peserta begitu antusias dengan acara ini, terbukti dari banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada Kedubes RI untuk Azerbaijan selaku narasumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *