Perdalam Ilmu Keuangan Syariah, Dosen Prodi Ekonomi Islam Ikuti Training of Trainers (ToT) oleh OJK

Perdalam Ilmu Keuangan Syariah, Dosen Prodi Ekonomi Islam Ikuti Training of Trainers (ToT) oleh OJK

Training of Trainers (ToT) Keuangan Syariah telah berlangsung dengan lancar di Hotel Mercure Surabaya. Kegiatan in terselenggara berkat kerjasama antara Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Departemen Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga. Sebanyak 150 dosen se Jawa Timur dari berbagai universitas dan perguruan tinggi mengikuti dengan khidmat proses pelatihan keuangan syariah terintegrasi ini dari tanggal 11-13 Mei 2016. Dalam kesempatan ini Universitas Darussalam Gontor mengirimkan 3 utusan, Royyan Ramdhani Djayusman, MA., Ketua Prodi Ekonomi Islam yang berada di kelas C, Daniar, MA., dosen Ekonomi Islam di kelas A, dan Ahmad Muqorrobin, MA., dosen Hukum Ekonomi Syariah di kelas B. Masing-masing kelas berjumlah kurang lebih 50 peserta.

Kegiatan ini dibuka oleh Bapak Sugiarta, Deputi Direktur Departemen Perbankan Syariah dan Dekan FEB Unair Ibu Prof. Dian Agustia. ToT keuangan syariah yang terintegrasi ini baru pertama dilakukan OJK di Jawa Timur, merupakan salah satu rangkaian kegiatan Keuangan Syariah Fair 2016 yang diadakan di Royal Plaza. Disebut terintegrasi karena ToT kali ini mencakup tiga sektor keuangan syariah, yaitu Perbankan Syariah, Pasar Modal Syariah, dan Instituti Keuangan non Bank (IKNB) Syariah yang diselenggaran dalam satu waktu.

Seluruh peserta yang hadir dari kurang lebih 50 perguruan tinggi di Jawa Timur mendapatkan berbagai materi produk dan system operasional perbankan syariah, pasar modal syariah, dan INKB syariah, dan juga mendapatkan pemahaman serta sosialisasi tentang OJK dengan segala peraturan dan kebijakan terbarunya. Diharapkan setelah pelatian ini, tenaga pengajar dan akademisi yang menjadi peserta ToT dapat meningkatkan kualitas keilmuannya di bidang keuangan syariah, sehingga benar-benar mampu menjadi ujung tombak dalam membumikan ekonomi Islam di sector keuangan di lembaga perguruan tinggi secara khusus, dan Indonesia secara umum.

Selain itu, pada akhir acara ToT, seluruh peserta ikut dalam kunjungan kegiatan Keuangan Syariah Fair 2016. Dalam kesempatan ini, berbagai produk keuangan bank dan non bank serta pasar modal ikut berpartisipasi memeriahkan acara dengan menawarkan berbagai produknya. Kesempatan ini menjadi momentum penting bagi seluruh peserta untuk bertanya lebih mendalam tentang pelaksanaan produk-produk keuangan syariah. Bahkan, untuk lebih memahami teori yang didapatkan dalam ToT, beberapa peserta mendaftar dalam berbagai jenis produk keuangan syariah sekaligus. Selain bertujuan untuk menunjukkan keberpihakan para akademisi dalam perjuangan ekonomi syariah, juga merupakan proses pengelolaan keuangan di berbagai jenis produk keuangan dan investasi syariah.

Berbagai materi yang didapatkan dalam ToT keuangan syariah terintegrasi kali ini dapat diunduh di perbankan syariah, pasar modal syariah dan IKNB syariah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *