Penutupan UTS 2019, Dr. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.A:”Jadilah Pemimpin!”

Penutupan UTS 2019, Dr. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.A:”Jadilah Pemimpin!”

Seperti biasa, usai dilaksanakannya Ujian Tengah Semester, selalu diadakan acara penutupan yang diikuti seluruh civitas akademika Universitas Darussalam Gontor. Acara ini dilaksanakan pada Kamis pagi, 22 Agustus 2019/21 Dzulhijjah 1440, di hall utama lantai 4 gedung terpadu. Tepat pukul 09.30 WIB, perkumpulan dimulai dengan sangat khidmat.

Pada kesempatan kali ini, ada hal menarik yang disampaikan Bapak Wail Rektor 3, al-Ustadz Dr. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.A, M.Phil:”Jadilah pemimpin!”. Lebih lanjut, “Jadilah pemimpin. Pemimpin itu banyak macamnya. Pemimpin politik, Anda akan jadi politisi. Pemimpin di sekolah, Anda akan jadi kepala sekolah, dan lain sebagainya. Lebih baik jadi kepala teri daripda jadi ekor gajah”.

Ungkapan beliau adalah penjelasan daripada visi Pondok Modern Darussalam Gontor, yaitu, mecetak kader-kader ummat untuk menjadi pemimpin. Selain itu, hal ini juga serupa dengan apa yang sering disampaikan oleh bapak-bapak Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor bahwa Gontor bukan bengkel untuk memperbaiki anak-anak rusak. Tapi lebih tepatnya, Gontor adalah tempat untuk mencetak kader pemimpin.

Beliau menambahkan, bahwa alumni Gontor sering keliru dalam memahami filosofi  tentang makna orang besar menurut Gontor. Beliau bercerita bahwa dulu, KH. Imam Zarkasyi pernah kedatangan tamu. Lalu ditanya oleh tamu tersebut:”Maaf Pak Kyai, berapa alumni Gontor yang sudah menjadi orang besar?” begitulah kira-kira pertanyaan tam itu.

Mendengar pertanyaan seperti itu, Pak Zar balik bertanya:”Orang besar menurut Anda seperti apa dulu?” “Orang besar menurut kami adalah orang yang siap mengajar ngaji di surau, meski di kampung terpencil”. Tuntas beliau.

Jadi, jawaban Pak Zar adalah semacam bahasa metaforis terhadap pertanyaan tamunya. Bukan berarti alumni Gontor tidak boleh berkiprah di pemerintahan atau lainnya. “Kalo Anda semua balik ke kampung dan mengajar ngaji di sana, lalu siapa yang akan menjadi pemimpin di kota sana?”, ucap Dr. Hamid Fahmy Zarkasyi mengakhiri statemennya. [Abu Afnan]

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *