Universitas Darussalam Gontor

Pengembangan Rumah Kelinci UNIDA Gontor oleh Mahasiswa Agroteknologi

budidaya kelinci oleh mahasiswa agroteknologi UNIDA Gontor

Bermula dari keisengan seorang mahasiswa UNIDA Gontor bernama Luxy Chandra prodi Agroteknologi semester 5, ia membeli kelinci sepasang dengan jenis Rex yang berumur 3 bulan. Dari ide iseng inilah muncul inisiatif untuk mendirikan “Rumah Kelinci UNIDA Gontor” dengan tujuan untuk mengenalkan unida gontor di masyarakat dunia.

Rumah Kelinci UNIDA Gontor memiliki tiga jenis kelinci, yang pertama kelinci jenis  Rex. Kelinci ini berasal dari Perancis dan cocok diternakkan di daerah dingin dengan kisaran suhu 5-15 derajat Celcius. Tidak hanya itu, kelebihan lain dari kelinci ini juga dapat dimanfaatkan sebagai kelinci hias dan pedaging.

kelinci yang dibudidayakan di Rumah Kelinci UNIDA Gontor

selanjutnya kelinci New Zealand, dari namanya dapat diketahui bahwa kelinci tersebut berasal dari  New Zealand. Kelinci jenis ini termasuk ke dalam kategori kelinci bertubuh besar dan mengalami pertumbuhan yang cepat serta dapat dikategorikan sebagai kelinci pedaging.

Jenis kelinci yang ketiga yaitu jenis Bligon yang merupakan kelinci blasteran Indonesia dan Australia. Kelinci jenis ini mempunyai nilai plus tersendiri yang terdapat pada tubuh besarnya sehingga menghasilkan banyak daging dan dapat disajikan menjadi berbagai macam olahan yang lezat seperti sate, dendeng hingga bakso.

Seperti halnya manusia, Kelinci juga memiliki penyakit dan penyakit kelinci yang dirasa sukar untuk disembuhkan adalah kembung. jika kelinci sudah mengalami kembung, maka nafsu makannya berkurang dan bahkan kehilangan nafsu makannya hingga tidak mau makan, akibatnya kelinci mengalami kematian. Dari segi perawatan, hewan seperti kelinci tidaklah rumit asalkan diimbangi dengan pemberian makan secara rutin, menjaga, dan membersihkan kendang secara teratur akan membuat kelinci lebih sehat.

Banyak manfaat dan hasil yang didapat dari budidaya kelinci seperti daging, bulu, dan kotoronnya dapat dimanfaatkan. Untuk sementara waktu, Rumah Kelinci UNIDA Gontor sedang dalam proses pengembangbiakan dan pengembangan, in syaa Allah beberapa bulan kedepan kelinci ini tidak hanya dibudidayakan untuk dipelihara disini saja, namun juga dipasarkan ke berbagai kota.

Gontor Agrotek Training Center (GATC)

Menurut Al-Ustadz Use Etica, S.P., M.MA., program Rumah Kelinci di atas merupakan salah satu dari sekian banyak program Startup Gontor Agrotek Training Center (GATC), yang merupakan hasil kerjasama dengan DIKTI.

Dalam program GATC terdapat banyak program, antara lain ayam joper, Bebek, Ikan Gabus, Magot, domba, budidaya cacing, madu lanceng, dll.

Berikut di antara poster-poster kegiatan tersebut:

Mohon doa semoga suatu saat Mahasiswa UNIDA Gontor yang terlibat dalam program ini menjadi seorang ustadz yang menyejahterakan ummat secara spiritual, intelektual maupun finansial… Semoga kelak menjadi seorang mundzirul qaum yang sekaligus peternak besar. Aamiin.

(Hafid ‘Iza/Ed. Adrian Rizky Pratama & M. Taufiq Affandi)

Video terkait:

Adrian

Adrian

Leave a Replay