Pengelola Jurnal At-Ta’dib Fakultas Tarbiyah Hadiri Workshop Roadmap Akreditasi Jurnal Nasional

Pengelola Jurnal At-Ta’dib Fakultas Tarbiyah Hadiri Workshop Roadmap Akreditasi Jurnal Nasional

Kesungguhan cita-cita Fakultas Tarbiyah Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor untuk meningkatkan mutu dan kualitas jurnal At-Ta’dib dinyatakan dengan mengirim beberapa penanggungjawabnya untuk mengikuti workshop akreditasi jurnal nasional. Workshop ini diadakan oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta di Hotel Lor In, pada hari Rabu 19 Oktober 2016 dibuka sekitar jam 08:15 dan ditutup di sore harinya jam 17:00. Acara ini dihadiri beberapa pengelola jurnal dari kampus-kampus lain seperti IAIN Mataram, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, UIN Sunan kalijaga Yogyakarta, Ijtihad Pekalongan, STAI Matoliul Falah Pati, IAIN Palangkaraya, STABN Wonogiri, dan STAIN kudus.

jurnal-tadibAcara yang bertema Workshop Roadmap Akreditasi Jurnal ini bertujuan memberikan simulasi proses akreditasi jurnal sekaligus sebagai media silaturahim bagi pengelola jurnal lintas fakultas dan universitas. Sangat diharapkan dari forum ini akan ada kerjasama pengelola jurnal, naskah dan hasil penelitian. “Workhsop ini penting demi kemajuan bersama khususnya memajukan pengelolaan jurnal, dan demi kemajuan Indonesia,” ujar Yusup Rohmadi, M. Hum, ketua pengelola Omah Jurnal IAIN Surakarta dalam sambutannya di awal acara ini. Begitu pentingnya acara ini sehingga Rektor IAIN Surakarta, Dr. Mudofir mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para pengelola jurnal.

Workshop yang cukup singkat ini mendatangkan beberapa narasumber yang ahli dibidang kejurnalan. Materi pertama dalam workshop ini disampaikan oleh Dr. Lukman S.T, M. Hum project manager OJS di Indonesia sekaligus narasumber dari LIPI yang menyampaikan filosofi OJS dan simulasi akreditasi jurnal. Pada materi kedua, Almakin, Ph.D dari pengelola Jurnal Al Jamiah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menekankan akan pentingnya memperhatikan dan memelihara penulis bagi jurnal yang berkualitas, karena penulis adalah modal terbesar bagi sebuah jurnal. Secara umum workshop ini memberikan gambaran yang luas tentang apa saja yang perlu disiapkan dan dievaluasi sebelum mengajukan akreditasi jurnal. Berikut laporan keseluruhan acara workshop roadmap Akreditasi jurnal di Hotel Lor In, Solo, 19 Oktober 2016.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *