Universitas Darussalam Gontor

Pengarahan UTS di UNIDA Gontor Tahun Ajaran 1442/2021

UNIDA Gontor – Rabu pagi, 13 Januari 2021/29 Jumadil Ula 1442, UNIDA Gontor mengadakan pengarahan Ujian Tengah Semester (UTS) yang rencananya akan dilaksanakan mulai hari Sabtu, 16 Januari 2021/3 Jumadil Tsania 1442 – 21 Januari 2021/7 Jumadil Tsania 1442. Acara ini diadakan di hall lantai 4 gedung utama dan dihadiri oleh Bapak Wakil Rektor I, seluruh dosen, tenaga kependidikan dan staf Universitas Darussalam Gontor.

Al-Ustadz Dr. Abdul Hafidz Zaid, M.A., selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan berkenan menyampaikan sambutannya. Sebelum masuk ke pembahasan tentang ujian, beliau mengajak kepada seluruh civitas akademika UNIDA Gontor untuk selalu ingat kepada Allah. “Ketika bangun tidur, sampai sebelum tidur kembali, hendaknya kita selalu ingat kepada Allah SWT. Ingat kepada Allah berarti ada suatu tindakan yang kita khususkan untuk Allah.”demikian kurang lebih muqoddimah dari beliau. Jika kita selalu ingat Allah, maka segala sesuatu yang kita kerjakan akan bernilai ibadah dan tentu akan diberkahi.

Beberapa poin penting yang beliau sampaikan adalah tentang acara Wisuda angkatan ke-36 yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2021 mendatang. Selebihnya, beliau menyampaikan tentang administrasi perkuliahan; baik permasalahan mahasiswa atau dosen. Semua disampaikan secara rinci dan jelas.

Terakhir, tidak lupa beliau menekankan bahwa mengawas ujian adalah salah satu ibadah. Benar, mengawas memang hanya bersifat duniawi. Tapi jika diniatkan lillah, maka akan berubah menjadi ukhrowi, karena bernilai ibadah.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Kepala Biro Administrasi dan Akademik (BAAK) yang pada kesempatan kali ini diwakili oleh al-Ustadz Samsirin, M.Pd. Seperti halnya al-Ustadz Dr. Abdul Hafidz Zaid, beliau juga menyampaikan untaian hikmah sebagai motivasi bagi seluruh dosen UNIDA Gontor.

“Ada 3 hal yang jika dimiliki oleh seorang murid, maka akan menjadi nikmat bagi seorang guru: 1) Akal, 2) Adab, dan 3) Pemahaman yang baik. Juga ada 3 hal yang jika dimiliki oleh guru, maka akan menjadi nikmat tersendiri bagi seorang murid: 1) Sabar, 2) Tawadlu’ dan 3) Akhlak mulia”. Beliau mengajak kepada seluruh dosen, tentu pribadi sendiri untuk berusaha menjadi dosen yang sabar dalam menghadapi mahasiswanya, tawadlu’ atau rendah hati serta berakhlak yang baik dalam setiap tindakannya.

Selanjutnya, beliau fokus menyampaikan hal-hal terkait disiplin dalam mengawas ujian. Setelah itu, dilanjutkan dengan do’a.
[Ahmad Kali Akbar]

Ahmad Kali Akbar

Ahmad Kali Akbar

Leave a Reply