Pengabdian Mayarakat Lahirkan Kelompok Remaja Penggiat Literasi Media

Pengabdian Mayarakat Lahirkan Kelompok Remaja Penggiat Literasi Media

UNIDA Gontor – Tim Dosen program studi Ilmu Komunikasi UNIDA Gontor telah melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) sebagai realisasi Tridharma Perguruan Tinggi,. Tim terdiri dari Rila Setyaningsih (ketua tim), Abdullah (anggota) dan Nur Aini Shofiya Asy’ari (anggota). Kegiatan PkM tim dosen Ilmu Komunikasi tahun ini mengambil judul “IbM Kelompok Remaja Penggiat Literasi Media Melalui Edukasi dan Fasilitasi Teknologi”. PkM ini merupakan kegiatan tim dosen Ilmu Komunikasi yang didanai oleh Hibah internal UNIDA Gontor melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM).

PkM tim dosen Ilmu Komunikasi memiliki dua fokus kegiatan yakni edukasi Literasi Media dan Fasilitasi Teknologi. Untuk langkah awal telah dilakukan edukasi kepada mitra berupa TOT literasi media yang diikuti sebanyak 30 peserta. Adapun peserta kegiatan terdiri dari 11 orang Perhumas Muda Pawitandirogo, 9 orang IMIKI (Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Indonesia) Cabang Madiun, dan 10 orang HIMAKOM (Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi) UNIDA Gontor. TOT dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 6 April 2017 di Ruang VVIP Lantai 4 Gedung Terpadu UNIDA Gontor. Adapun pemateri dalam kegiatan tersebut adalah Bapak Nurudin, M.Si (Trainer dan Fasilitator Literasi Media UMM).

TOT literasi media diselenggarakan dengan tujuan untuk melahirkan para remaja yang memiliki skill dalam bidang literasi media. Lebih lanjut, diharapkan para peserta mampu menguasai materi, media, dan metode yang tepat dalam menggiatkan literasi media di masyarakat. Lulusan TOT Literasi Media tersebut saat ini telah tergabung dalam “Kelompok Remaja Penggiat Literasi Media”. Mereka memiliki tugas dan tanggungjawab untuk menjadi penggerak kegiatan literasi media khususnya di wilayah Karesidenan Madiun// Rila.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *