Pembukaan Program Usbu’ Araby Siswa Dan Siswi MTsN 2 Ponorogo Di UNIDA Gontor

Pembukaan Program Usbu’ Araby Siswa Dan Siswi MTsN 2 Ponorogo Di UNIDA Gontor

UNIDA Gontor – Prodi PBA Fakultas Tarbiyah sebagai salah satu prodi yang memiliki tugas mulia untuk mengembangkan bahasa Arab selalu  melakukan usaha-usaha pengembangan bahasa Arab baik internal prodi maupun luar lembaga. Pengembangan tersebut meliputi pelatihan-pelatihan bahasa Arab bagi mahasiswa baik dalam negeri maupun luar negeri bekerjasama dengan Pusat Pendidikan dan Pelatihan UNIDA Gontor. Begitu juga dengan pelatihan bahasa Arab dengan durasi yang lebih pendek bagi siswa dan siswi MTsN 2 Ponorogo yang secara legal sudah diawali dengan tanda tangan MoU dengan UNIDA Gontor.

Pelatihan bahasa Arab bagi siswa dan siswi MTsN Ponorogo sudah berjalan dua periode yaitu pada tahun akademik 2016-2017 dan  2017-2018 tahun ini. Pada tahun ini, kegiatan akan dilaksanakan selama enam hari yaitu mulai paada hari Senin, 12 Maret 2018 sampai pada hari Sabtu, 17 Maret 2018. Kegiatan yang dilaksanakan selama satu minggu penuh ini akan dibina oleh mahasiswa Prodi PBA Fakultas Tarbiyah dan Prodi PBA Pascasarjana. Bertempat di gedung PKU UNIDA Gontor, kegiatan ini diikuti oleh 134 siswa dan siswi serta di beberapa orang pembimbing dari guru-guru sekolah tersebut.

Kegiatan mereka akan difokuskan kepada tiga tempat yaitu ruang kelas untuk proses belajar dan mengajar, masjid sebagai pusat pengembangan spiritual siswa dan siswi, serta asrama sebagai pusat kegiatan sekaligus lingkungan berbahasa Arab bagi mereka. Program ini dibuka oleh ketua Prodi PBA Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor dan sekaligus Direktur PUSDIKLAT UNIDA Gontor Ust Alif Cahya Setiyadi, M.A. Dalam sambutannya, ketua prodi menyampaikan bahwa program pelatihan ini ditujukan untuk membangun mental dan pribadi yang berkomitmen kepada bahasa Arab, berkomitmen untuk mempelajarinya, menguasainya, dan mengembangkannya dimasa yang akan datang.

Pembukaan dihadiri oleh para dewan guru MTsN 2 Ponorogo, dewan pengajar usbu araby, panitia, dan peserta dilaksanakan di Hall CIOS UNIDA Gontor. Dalam kesempatan, turut hadir bapak Latif, Wakil Kepala MTsN 2 Ponorogo, Ibu  Fathul Jannah, Wakil Kepala MTsN bidang kesiswaan, dan Bapak Budi Wakil Kepala MTsN bidang Sarpras serta para dewan guru. Berlaku sebagai wakil MTsN pada sambutannya, Bapak Latif menekankan pentingnya memasang niat belajar bahasa Arab bagi siswa dan siswinya ketika belajar bahasa Arab selama satu minggu di UNIDA Gontor, bergaul sesuai dengan tata cara hidup di UNIDA Gontor dan menjaga nama baik lembaga. Kegiatan ini di tutup dengan perphotoan bersama di depan gedung utama UNIDA Gontor. [Alif Cahya Setiyadi]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *