Universitas Darussalam Gontor

Pembukaan Kegiatan Tahfidz Al-Qur’an: Menggapai Rahmat dengan Al-Qur’an

UNIDA Gontor– Pada hari Ahad ( 22/11/2020), Pusat Al-Quran al-Karim Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor Ponorogo mengadakan pembukaan kegiatan tahfidz mingguan yang diselenggarakan di Masjid UNIDA Gontor. Pada kesempatan ini, telah berkenan hadir Al-Ustadz Dr. Muhammad Kholid Muslih. M.A selaku Direktur Pusat Al-Quran Karim UNIDA Gontor Ponorogo untuk memberikan pengarahan.

Di awal penjelasan, Ustadz alumni S1-S3 Al-Azhar University Cairo ini memberikan penjelasan bahwa salah satu sifat Allah SWT yang paling mulia adalah Ar-Rahmah.

“Salah satu sifat Allah yang paling mulia adalah Ar-Rahmah. Dan bagaimana cara mendapatkan Rahmat dari Allah? Yaitu dengan menggunakan aplikasinya yang paling dicintainya, yaitu Al-Quran Al-Karim”

Lebih jauh lagi, dijelaskan tentang bagaimana cara bermuamalah dengan Al-Quran. Pertama yaitu dengan Membaca dan dilanjutkan dengan tingkatan kedua yaitu dengan Menghafal. Lebih tinggi lagi pada tingkatan yang ketiga yaitu Memahami, dan tingkatan yang paling tinggi, pada tingkatan yang keempat, yaitu mengamalkannya.

“Dan jika kita sudah bisa menggapai Rahmah denga Al-Qur’an, maka akan muncul dalam diri kita sa’adah atau kebahagian yang haqiqi. Dan kita tidak akan merasa bimbang dan khawtir dengan berbagai permasalahan, baik dunia maupun akhirat” tambah beliau seraya tersenyum optimis di akhir pembicaraannya.

Acara ini dikuti oleh seluruh Mahasiswa UNIDA Gontor, baik dari semester 1 maupun semester 9 keatas. Di kedepannya, seluruh mahasiswa akan menghafalkan juz-juz pilihan sesuai dengan semesternya dan berada di bawah bimbingan para muhaffidz. Hafalan pilihan ini akan menjadi salah satu syarat bagi mahasiswa untuk bisa mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS).

Setelah pengarahan, acara dilanjutkan dengan berkumpul bersama para muhafidz yang sudah dibagi untuk pengarahan lebih lanjut terkait progam tahfidz kedepannya. Semoga dengan adanya acara ini, dapat memotivasi para mahasiswa untuk senantiasa meningkatkan ‘Ubudiyah  dan memicu semangat menghafal Al-Qur’an untuk menggapai rahmah Allah SWT. (Thoriq Majid Rahmadias).

Ahmad Kali Akbar

Ahmad Kali Akbar

Leave a Reply