Pembekalan Mawarits Dasar Kepada Mahasiswa UNIDA Gontor

Pembekalan Mawarits Dasar Kepada Mahasiswa UNIDA Gontor

UNIDA Gontor – Konsep Mawarits dalam Islam adalah PSP atau Penentuan Sebelum Pembagian (At-Taqsim Qabl At-Tauzi’), hal ini disampaikan oleh Ust Mhd. Jabal Alamsyah pada acara pembekalan Mawarits Dasar kepada Mahasiswa kampus Siman pada Kamis 2/8/2018. Jika ada sanak saudara yang meninggal langsung hubungi CMS,” ungkap Al-Ustadz Mhd. Jabal Alamsyah, untuk disegerakan pelaksanaan Penentuan siapa ahli waris yang paling berhak dan berapa porsi hak warisnya sesuai tuntunan Islam dan sebagai Fardu Kifayah, sedangkan fase Pembagian harta warisan sudah menjadi kuasa penuh para ahli waris tersebut diatas, maka pembagian boleh kapan saja sesuai kesepakatan para ahli waris tersebut.

Al-Ustadz Mhd. Jabal Alamsyah diamanahi sebagai direktur CMS (Centre for Mawarith Studies) – UNIDA Gontor dalam menjalankan edukasi Ihya’ Ilmi Al-Mawarits (Menghidupkan Ilmu Waris Islami di Keluarga) sejak 2016 tahap keempat dari UNIDA Gontor. Beliau berkesempatan mengisi acara Family Time yang diadakan DEMA UNIDA  dengan Tema “Bagaimana Seharusnya Menjadi Mahasiswa Santri dan Bermentalitas Pejuang”

“Sepengetahuan kami, ada 4 core Utama UNIDA, yaitu Bahasa dengan Language Centre, Wakaf dengan ICAST, Islamic Worldview dengan CIOS dan Pusat Islamisasi, ICAST dan Mawarits dengan CMS,” jelas Ustadz Jabal.

Beliau memberi nasehat kepada Mahasiswa untuk mengikuti setiap kegiatan yang ada. Terkhusus beliau menawarkan untuk bergabung dengan kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Pusat Sirah Nabawiyah bisa sebagai EO, untuk membatu dalam acara seminar dan training yang dilaksanakan di UNIDA Gontor.

“Welcome kapada antum-antum semua, terkait yang berminat membuat tim EO, kami sarankan antum tim yang terdiri dari minimum 5 dan maksimum 10 orang setiap group EO nya yang akan kita sinergikan dalam events kita nantinya, termasuk untuk persiapan program Roadshow edukasi Mawarits dan Wakaf dalam waktu dekat ini,”ungkapnya.

Pemaparan Tentang Mawarist

Pemaparan Tentang Mawarist

Dalam menyebarkan ilmu mawarist, Ustadz Jabal pernah mengisi beberapa kali khutbah dan tausiyah di Jakarta pada bulan Ramadhan lalu, bahkan pernah diundang ke Amerika.

“Masyarakat Islam di Amerika sangat antusias, akan tetapi kami mempunyai kendala saat mengajar anak-anak kecil disana, kerena Bahasa Inggris kami yang terbatas. Oleh karena itu, ini merupakan peluang besar untuk kalian”.

Ustadz Jabal kemudian mengajukan pertanyaan kepada mahasiswa.“Berapa kalikah kalian mendengar Khotib Jumat berkhutbah dan membahas mawarist?”. Ternyata tidak satupun mahasiswa yang angkat tangan, padahal ilmu mawarist itu fardhu kifayah. [Iqbal]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *