Pelatihan Pertolongan Pertama Pola 24 Jam di UNIDA Gontor

Pelatihan Pertolongan Pertama Pola 24 Jam di UNIDA Gontor

Program Diploma 4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Darussalam Gontor Ponorogo mengikuti pelatihan Pertolongan Pertama dengan Pola 24 jam yang dilaksanakan dalam waktu 3 hari yaitu pada tanggal 13 – 15 November 2015 di Mini Hall Hotel UNIDA Gontor. Trainer dalam pelatihan ini adalah PMI Cabang Ponorogo dan peserta yang terlibat adalah semua dosen, laboran, staf administrasi dan mahasiswa semester III Prodi K3.

PMI sendiri sebagai pemegang mandat dalam Peraturan Menkes RI Nomor 023/Birhub/1972 tentang penyelenggaraan Pertolongan Pertama pada Kecelakaan dan Pertolongan Kesehatan lainnya kepada korban-korban bencana, baik yang disebabkan alam maupun oleh manusia, telah berpengalaman bertahun-tahun menyelenggarakan Pelatihan Pertolongan Pertama pada Kecelakaan guna meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan bagi masyarakat yang membutuhkan.

Pelatihan Pertolongan Pertama adalah pemberian pertolongan pertama segera kepada penderita sakit/cedera/kecelakaan yang memerlukan penanganan medis. Sedangkan pelaku pertolongan pertama adalah penolong yang pertama kali tiba di tempat kejadian yang memiliki kemampuan dan terlatih dalam hal penanganan medis dasar. Tujuan dilaksanakannya pelatihan ini adalah :

  1. Memberikan pengetahuan dan keterampilan pada peserta dalam melakukan teknis Pertolongan Pertama yang standart.
  2. Peserta mampu melakukan tindakan–tindakan Pertolongan Pertama sederhana saat diperlukan sebelum ditangani oleh tenaga medis, sehingga dapat dihindari / mengurangi dampak trauma yang tidak diinginkan.
  3. Peserta mampu melakukan prinsip–prinsip dasar dan keterampilan praktis aplikatif
  4. Memberikan rasa percaya diri pada setiap peserta untuk dapat memberikan Pertolongan Pertama saat diperlukan sebelum ditangani oleh tenaga medis.

Materi yang diberikan dalam Pelatihan Pertolongan Pertama Pola 24 Jam ini meliputi :

  1. Materi pertolongan pertama
  2. Anatomi dan Faal Dasar
  3. Penilaian Penderita
  4. Bantuan Hidup Dasar
  5. Perdarahan dan Syok
  6. Cedera
  7. Luka Bakar
  8. Pemindahan Penderita
  9. Evaluasi yang meliputi tes praktek setiap peserta.

Pelatihan Pertolongan Pertama ini dilaksanakan dengan jumlah Peserta dibatasi maksimal 30 peserta. Semua peserta diwajibkan mengikuti tahap pelatihan sampai selesai, termasuk mengikuti evaluasi. Setiap peserta akan diberikan sertifikat bila dinyatakan lulus oleh Pelatih dan berlaku selama 2 tahun, bila dinyatakan tidak lulus dalam pelatihan, akan diberikan Piagam Penghargaan telah mengikuti Pelatihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *