Pelatihan Peningkatan Kemampuan Mengajar Bahasa Arab Bagi Guru-Guru Non Arab

Pelatihan Peningkatan Kemampuan Mengajar Bahasa Arab Bagi Guru-Guru Non Arab

UNIDA Gontor – Pembelajaran bahasa Arab bagi non-Arab merupakan proses pembelajaran bahasa kedua yang memerlukan seni dan kemampuan khusus. Kemampuan mengajar bagi guru bahasa Arab perlu di bangun dan dikembangkan sebagai usaha meningkatkan hasil dari proses pembelajaran bahasa Arab untuk non-Arab. Guru harus dibekali dengan kemampuan-kemampuan dalam mengajar bahasa Arab.

Untuk tujuan tersebut, Prodi PBA Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor bekerjasama dengan IMLA dan markaz bukhuts wa at tawashul al ma’rifi Saudi Arabia mengadakan pelatihan peningkatan kemampuan mengajar bahasa Arab untuk guru-guru non-Arab. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Rabu, 17 Januari 2017 di hall Wisma Hotel UNIDA Gontor ini di ikuti oleh sekitar 90 orang guru-guru bahasa Arab dari berbagai pondok di Ponorogo dan beberapa daerah sekitar, di antaranya adalah pondok Gontor Kampus Pusat, pondok Gontor Kampus 3 Kediri, pondok Gontor Kampus 6 Magelang, Pondok Gontor Kampus putri I Mantingan, Pondok Gontor Kampus putri II Mantingan, pondok Gontor Kampus Putri III Mantingan, Pondok Gontor Kampus putri 5 Kediri, Pondok Wali Songo Ngabar Ponorogo, Pondok Arrisalah Slahung Ponorogo, Pondok Al Mawaddah Coper Ponorogo, Pondok Al Iman Ponorogo, dan beberapa pengajar bahasa Arab dari Aceh dan beberapa daerah di Indonesia.

Adapun tutor dalam acara ini adalah Dr. Aly Mayouf bin Mayouf, dosen bahasa Arab di Universitas King Saud Riyadh. Beliau menyampaikan materi tentang pengembangan kemampuan mengajar bahasa Arab untuk non-Arab dalam 4 sesi utama. Diawali dengan pembukaan acara oleh Dekan Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor, Dr. H. Imam Bahroni, M.A..M.L.Sc. bersama dengan Wakil Dekan Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor, K.H. Heru Saiful Awar, M.A. Selanjutnya acara dilaksanakan pada sesi I dan II pada pagi hingga siang hari dan dilanjutkan pada sesi III dan IV pada siang sampai sore hari dan penutupan acara di ujung acara.

Pada sesi I dan II dalam pelatihan ini, tutor menekankan kepada bagaimana mengajarkan bahasa Arab yang efektif dan menarik bagi pelajar bahasa Arab yang bukan orang Arab. Beliau mengenalkan kepada peserta metode-metode dan unsur-unsur penting dalam pembelajaran bahasa Arab bagi non-Arab. selanjutnya pada sesi ke III dan ke IV fokus pelatihan adalah kepada bagaimana cara mengajarkan empat maharat lughawiyah kepada non-penutur asli dan diakhiri dengan bagiamana seharusnya melakukan penilaian pada setiap akhir pembelajaran.  [Alif Cahya Setiadi]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *