Pelantikan Pengajar Baru Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Binaan UNIDA Gontor

Pelantikan Pengajar Baru Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Binaan UNIDA Gontor

UNIDA Gontor – Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) merupakan salasatu lembaga pendidikan Islam yang menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran agama Islam tingkat dasar dan menengah secara menyeluruh dan intensif  baik dari segi pendidikan Agama Islam maupun pendidikan kecakapan dan keterampilan untuk mengantisipasi dan mengisi kekurangan pendidikan dan pengajaran Agama Islam di tingkat dasar seperti SD, MI dan tingkat menegah SMP, MTs di mana kurikulumnya ditekankan pada pemberian dasar-dasar membaca Al Qur’an serta membantu pertumbuhan dan perkembangan rohani anak agar memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Salahsatu bentuk kontribusi Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor terhadap TPA yang ada di desa-desa sekitar kampus adalah dengan mengirimkan para pengajar TPA yang siap mengabdi selama satu tahun. Kegiatan ini merupakan program tahunan yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPkM) melalui Dewan Mahasiswa (DEMA) Devisi Departemen Pengabdian Masyarakat (DPM) bekerjasama dengan Lembaga Persatuan Taman Pendidikan Al-Qur’an (LPTPA) Ponorogo.

Bertempat di Hall Centre for Islamic dan Occidental Studies (CIOS) kamis, 14 Agustus 2017 pukul 20.00 Direktur LPkM UNIDA Gontor Noor Syahid, M.A., melantik sebanyak 63 orang pengajar baru yang sudah terseleksi melalui berbagai macam kegiatan diantaranya tahsin al-qiroah, ujian al-Qu’an, seminar, pelatihan pengajaran TPA dan pengarahan dari direktur LPkM UNIDA Gontor.

Hadir dalam acara pelantikan ini  Wakil Rektor III UNIDA Gontor Dr. Dihyatun Masqon M.A, jajaran staf LPkM, Jajaran staf DPM, Direktur dari tiap TPA binaan UNIDA Gontor dan pengajar senior TPA binaan.

Dalam acara pelantikan pengajar baru TPA binaan UNIDA Gontor ini Dr. Dihyatun memberikan pesan dan nasehat kepada seluruh hadirin betapa pentingnya acara seperti ini, karena hal ini merupakan bentuk keseriusan Gontor dalam melaksanakan kegiatan “Di Gontor, upacara seperti ini, apapun bentuknya adalah merupakan sunnah Pondok Modern Darussalam Gontor yang tidak boleh ditinggalkan, karena ini menunjukkan keseriusan Gontor. Padahal bisa saja kita kumpulkan mahasiswa yang mau mengajar dan langsung diizinkan mengajar tanpa pelantikan terlebih dahulu”

Lanjut Dr. Dihyatun menyampai pesan dan nasehatnya dihadapan pengajar baru TPA binaan UNIDA Gontor bahwa Orang ikhlas terlihat dari akhlaknya, diantaranya ada lima akhlak yang harus kita meliki yakni pertama, Akhlaqul Karimah kepada Allah. Kedua, Akhlaqul Karimah kepada orang tua. Ketiga, Akhlaqul Karimah kepada sesama kita. Keempat, Akhlaqul Karimah kepada lingkungan. Kelima, Akhlaqul Karimah kepada diri kita sendiri”

Masi menurut Dr. Dihyatun yang merupakan Wakil Rektor III sekaligus Direktur Program Kaderisasi Ulama (PKU) “Keabadian Islam, kehebatan Islam, ke panjang hidupan Islam bukan karena hebatnya kita. Tetapi hebatnya Islam adalah karena Al Qur’an. Yakinlah 1000% bahwa Al Qur’an yang kita baca, memang itulah yang akan menjadi pandangan hidup kita untuk masa depan”

“Apalah artinya seorang pemimpin, seorang profesor, tetapi tidak memiliki suatu yang menumbuhkan keharmonisan dengan ayat-ayat Al Qur’an” tegas Dr. Dihyatun

Diakhir acara Dr. Dihyatun meminta kepada seluruh yang terlibat baik Direktur TPA, Pengajar baru, Pengajar Senior, dan Jajaran Staf LPKM dan DPM agar bersama-sama mentaati disiplin, saling mengingatkan dan menjaga nama baik Universitas Darussalam Gontor. [ Hibah al-Wafi / Taufik DPM ]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *