Pekan Perkenalan Khutbatul ‘Arsy, Wajah Baru Kampus UNIDA di Awal Tahun

Pekan Perkenalan Khutbatul ‘Arsy, Wajah Baru Kampus UNIDA di Awal Tahun

UNIDA Gontor – Universitas Darussalam Gontor adalah salah satu institusi yang berada di bawah naungan Pondok Modern Darussalam Gontor, Ponorogo. Universitas ini salah satu hasil usaha dari segenap santri dan guru-guru yang dijiwai oleh cita-cita Trimurti pendiri Pondok Modern Darussalam Gontor demi mewujudkan perguruan tinggi yang bermanfaat, bermutu dan berarti bagi umat Islam Indonesia. Maka dari itu, salah satu bentuk pengabdian Universitas kepada nilai-nilai kukuh pondok yang mengedepankan nilai-nilai pendidikan dan pengajaran yang diaktualisasikan oleh kalangan santri, guru-guru serta mahasiswa, kampus Pusat UNIDA Gontor yang berlokasi di Siman, Ponorogo melakasanakan untuk pertama kalinya kegiatan Pekan Perkenalan Khutbatul ‘Arsy, berupa kegiatan yang menyajikan agenda-agenda perkenalan kampus sebagai bentuk dari usaha memahamkan nilai-nilai perguruan tinggi Islami kepada seluruh civitas akademika Universitas Darussalam Gontor, baik dari rektorat, kalangan dosen dan seluruh jajran staff dan mahasiswa Universitas Darussalam Gontor.

Menurut salah satu laporan dari Ketua Khutbatul ‘Arsy, Ahmad Rofiq Nashuha, bahwa acara Perdana Khutbatul ‘Arsy ini adalah salah satu agenda yang sangat memaksimalkan potensi mahasiswa UNIDA Gontor, karena pada saat-saat inilah, mahasiswa dituntut untuk belajar bagaimana mengadakan acara besar yang melibatkan seluruh elemen mahasiswa UNIDA Gontor, yang diaktualisasikan melalui latihan baris-berbaris, penampilan seni dan music, serta manajemen waktu yang maksimal dan berkualitatif bagi seluruh elemen kampus. “Di hari H juga nanti, akan diadakan kegiatan baris-baris seperti yang ada di istana negara dan sangat persis sekali seperti yang ada di Pondok Modern Darusalam Gontor setiap tahunnya. Baris-berbaris akan diadakan seusai dengan tingkat program studi dan diakhir akan ada pemenang dari barisan terbaik yang ada di Program Studi yang rapi, tertib dan sesuai dengan aturan dari dewan juri. KA tahun ini juga bertepatan dengan menjelang kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 yang jatuh pada 17 Agustus 2017, maka menjadi momen yang sangat berharga bagi seluruh mahasiswa, selain untuk mengenang pahlawan yang gugur memperjuangkan kemerdekaan, dan kita berusaha untuk mengenal lebih dalam peran perguruan tinggi Islam dalam mengisi kemerdekaan dengan kegiatan positif-positif.

Selain itu, di penampilan KA nanti, ada beberapa penampilan yang bisa menghibur seluuh elemen kampus nantinya. Menurut Muhammad Akbar Rahmadi, ketua Khutbatul ‘Arsy Divisi Apel Tahunan dan Penampilan, ada penampilan seni daearh yang ditonjolkan, salah satunya penampilan Reyog Ponorogo, Tarian Malulo sebagai penampilan Khas Indonesia Timur, Silat dan juga Taekwndo. Peampilan inilah yang kemudian menjadikan pembukaan Khutbatul ‘Arsy ini sebagai representasi awal dari pemantapan niat dan irodah mahasiswa UNIDA Gontor selama setahun kedepan, yang diwujudkan dengan nilai-nilai penampilan yg historis dan mendalam, yang sarat dengan nilai-nilai luhur keIndonesiaan dan kebhinekaan.

Semoga dengan adanya pelaksanaan Pekan Perkenalan Khutbatul ‘Arsy Perdana di Universitas Darusalam Gontor, bisa merefresh kembali semangat kemahasiswaan yang ada di UNIDA Gontor, khususnya memahami kembali nilai-nilai perguruan tinggi Islami berbasis pesantren dalam mengisi kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 7. [Abdullah]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *