PBA UNIDA Gontor Membangun Kerjasama Dengan Lebih Dari 15 Prodi PBA Dan BSA  Se-Indonesia

PBA UNIDA Gontor Membangun Kerjasama Dengan Lebih Dari 15 Prodi PBA Dan BSA Se-Indonesia

UNIDA Gontor – Prodi Pendidikan Bahasa Aran (PBA) UNIDA Gontor mengawali kegiatan kerjasama prodi pada semester genap ini dengan melakukan peningkatan kerjasama. Kerjasama antar prodi dalam rangka menguatkan prodi secara eksternal dilakukan prodi PBA UNIDA Gontor dengan berbagai lembaga pendidikan pada tingkat prodi PBA dan Bahasa dan Sastra Arab (BSA) dari beberapa universitas di Indonesia. Penguatan prodi dalam bentuk kerjasama ekternal tersebut mutlak dilakukan untuk peningkatan kualitas dan kuantitas penelitan dan pengabdian kepada masyarakat.

Bertepatan dengan penyelenggaran kegiatan Lokakarya II Korpus Linguistik Arab yang di UNIDA Gontor pada 16-18 Januari 2018, Prodi PBA UNIDA Gontor melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan beberapa prodi PBA dan BSA dari beberapa perguruan tinggi di Indonesia. Sedikitnya ada 20 prodi PBA dan BSA melakukan kerjama dengan prodi PBA UNIDA Gontor pada hari Kamis, 17 Januari 2018. Kerjasama diawali dengan kerjasama antara prodi PBA dengan Ittihadu Mudarisi Al Lughah Al Arabiyah (IMLA) Indonesia.

Diantara prodi PBA dan BSA yang melakukan kerjasama dengan prodi PBA UNIDA Gontor adalah Prodi PBA UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, BSA Universitas Negeri Malang, PBA UPI Bandung, PBA UIN Imam Bonjol Padang, PBA UNINUS Bandung, PBA IAIN Syeikh Nurjati Cirebon, PBA IAI Cipasung, PBA IAIN Tulungangung, PBA IAIN Samarinda, PBA IAIN Purwokerto, PBA Institut Pesantren Mathali’ul Falah (IPMAFA) Pati, PBA STAIN Watampone Sulsel,  PBA Institut Pesantren K.H. Abdul Chalim Mojokerto, PBA IAIN Bengkulu, PBA STAI Masjid Syuhada Yogyakarta dan PBA STAI Imam Syafi’i Cianjur.

Kerjasama antar lembaga tersebut tertuang dalam nota kesepahaman yang fokus pada tridharma perguruan tinggi terutama dalam kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat. Peningkatan penelitian kolaboratif antar prodi menjadi prioritas dalam kerjasama pada bidang penelitian. Disamping itu, pertukaran artikel jurnal antar prodi dalam upaya penguatan publikasi prodi juga menjadi prioritas kerjasama guna mengangkat kualitas jurnal masing-masing prodi. Sebagaimana dalam bidang penelitian, kerjasama dalam bidang pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat juga dituangkan dalam nota kesepahaman dalam bentuk yang disepakati oleh para pihak dari masing-masing lembaga. [Alif  Caya Stiadi]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *