PBA UNIDA Gontor Adakan Kuliah Umum Bahasa Arab bersama Prof. Dr. Gadelrab Amin Abdel Magid Mohamed

PBA UNIDA Gontor Adakan Kuliah Umum Bahasa Arab bersama Prof. Dr. Gadelrab Amin Abdel Magid Mohamed

UNIDA GONTOR – Selasa Pagi, tanggal  2 Januari 2017 bertepatan dengan awal tahun 2018, dan sebagai bukti kecintaan bahasa Arab yang sangat mendalam, Prodi PBA Unida Gontor mengadakan Kuliah Umum “Bahasa Arab dan peranannya dalam Peradapan dunia”  bersama Prof. Dr. Gadelrab Amin Abdel Magid Mohamed, Dekan Fakultas Islamiyah dan Bahasa Arab Universitas Al Azhar Syarif Cairo Mesir.

Kuliah Umum ini merupakan acara salah satu rentetan acara kunjungan beliau ke pondok modern Darussalam Gontor Ponorogo. Beliau ingin melihat secara langsung, bagaiamanakah antusias para santri dan mahasiswa Unida Gontor dalam belajar dan menggunakan Bahasa Arab, yang merupakan bahasa Al-Qur’an dan Umat Muslimin, bukan hanya bahasa bagi bangsa Arab saja.

Hadir dalam acara Kuliah umum ini, Rektor Unida Gontor yang diwakili oleh Dr. Setiawan bin Lahuri untuk membuka dan memberikan sambutannya mengenai peranan bahasa Arab di Indonesia khususnya di lingkungan UNIDA Gontor. “Bahasa Arab merupakan bahasa wajib yang harus diucapkan, ditulis, dan dipakai oleh seluruh civitas akademi Unida Gontor, di Prodi-Prodi Lama, hampir 90 menggunakan bahasa Arab. Sedangkan di prodi-prodi baru, mahasiswa diwajibkan mengambil materi  bahasa Arab (TOALF) dari mulai semester satu sampai dengan semester Empat. Kemudian disemester Lima dan Enam akan ada Ujian Komprehensif Bahasa Arab, hal ini Karena Unida Gontor, mendidik Mahasiwa agar dapat berkomunikasi menggunakan Bahasa Arab”.

Turut menjadi Kuliah umum ini dipimpin oleh Ust. Agus Yassin, M.Pd.I, dosen Prodi PBA Unida Gontor yang akan segara berangkat ke Omdurman University, Sudan dalam waktu yang tidak lama lagi.  Dalam kuliahnya Prof Gadelrab menegaskan, “Bahasa Arab merupakan bahasa yang amat kaya, memiliki cakupan pengetahuan yang luas, kedalaman makna dan tidak berubah maknanya sejak dahulu. Oleh karena itu Bahasa Arab merupakan bahasa masa depan yang nantinya akan dan harus dikuasai oleh seluruh umat Islam“.

Kemudian diakhir Kuliah Umum, beliau menyimpulkan point penting dari kuliah beliau, bahwa Peradaban Islam itu berasal ketaqwaan dan keimanan yang mendalam kepada Allah dan RasulNya, kemudian untuk mempelajari dan mengetahui kunci menjadi taqwa itu, ada di dalam Al-Qur’an dan Hadist dan qaulul ulama, sedangkan untuk mempelajari itu semua diperlukan bahasa Arab sebagai kuncinya, maka jelasnya bahwa Bahasa Arab merupakan Kunci dalam membangun peradapan Islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *