Pascasarjana UNIDA Gontor: “Pembukaan Tahun Ajaran Baru, Buka Program Studi Baru”

Pascasarjana UNIDA Gontor: “Pembukaan Tahun Ajaran Baru, Buka Program Studi Baru”

UNIDA Gontor – Pembukaan  Tahun Ajaran Baru Program Pascasarjana Universitas Darussalam Gontor 1438-1439 H / 2017-2018 M yang dilaksanakan pada hari Jum’at, 04 Agustus 2017 bertempat di Hall CIOS UNIDA Gontor. Berbeda dengan tahun sebelumnya, karena pada tahun ajaran ini UNIDA Gontor telah membuka satu program studi baru yaitu Hukum Ekonomi Syariah (HES). Dengan jumlah mahasiswa/i perdana 32 orang yang dipersiapkan sebagai ujung tombak dalam melahirkan magister muhsin muslim di bidang Hukum Bisnis Islam untuk mewujudkan tatanan ekonomi yang Islami dengan tetap berjiwa Pondok.

Acara pembukaan tahun ajaran baru ini buka oleh Rektor UNIDA Gontor Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A., dalam sambutannya Prof Amal mengatakan bahwa salah satu kunci keberhasilan belajar di program pascasarjana adalah keseriusan, kalau perlu harus berdarah-darah dalam menjalaninya. Selain itu yang membuat mahasiswa fokus adalah sistem asrama yang diterapkan UNIDA Gontor kepada para mahasiswanya

Hadir dalam acara tersebut Direktur Pascasarjana Dr. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.Ed., M.Phil, KA Prodi Program Doktoral Ilmu Aqidah, Dr. Suji’at Zubaidi Shaleh, M.Ag. KA Prodi Aqidah dan Filsafat Islam, Dr. Kholid Muslih, M.A., KA Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Dr. Abdul Hafidz Zaid, M.A., KA Prodi Hukum Ekonomi Syari’ah, Dr. Syamsuri, M.A. serta seluruh Dosen dan mahasiswa/i S2 & S3 pascasarjana UNIDA Gontor.

“Perlu saya tekankan kembali bahwa  tiga program studi yang ada di pascasarjana UNIDA Gontor yakni:  Aqidah & Filsafat Islam (AFI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), dan Hukum Ekonomi Islam (HES) Muaranya  adalah Islamisasi Ilmu Pengetahuan. Tiga prodi inilah yang akan menjadi andalan UNIDA Gontor dimasa yang akan datang, inilah core nya dari UNIDA Gontor.” Ujar Dr. Hamid Fahmy Zarkasyi saat memberikan sambutan.

Karena hal ini sesuai dengan visi program pascasarjana UNIDA Gontor, yakni Menjadi pusat keunggulan (Centre of Excellence) bagi pengkajian Islam dalam kaitannya dengan program Islamisasi ilmu pengetahuan kontemporer untuk kemajuan peradaban Islam.

Selain itu Misi dari program pascasarjana adalah pertama, Mencetak ilmuwan muslim yang menguasai ilmu pengetahuan dan peradaban Islam secara komprehensif berdasarkan pada khazanah intelektual Islam sehingga mampu memahami peradaban lain secara kritis dan selektif. Kedua, Mencetak ilmuwan yang mampu melakukan proses integrasi dan Islamissasi ilmu pengetahuan kontemporer, baik secara individual maupun secara kolektif, dengan bekerjasama dengan pakar-pakar dalam bidang masing-masing sesuai dengan hajat masa kini umat Islam.

Ketiga, Mencetak ilmuwan muslim yang dapat mengintegrasikan kekuatan moral dan intelektualnya agar dapat berperan kontributif terhadap pengembangan pemikiran dan peradaban Islam. [Wafi]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *