Meriahnya Pembukaan SeIPTI 2015

Meriahnya Pembukaan SeIPTI 2015

Kampus Siman – Seminar Serantau Institut Perguruan Tinggi Islam (SeIPTI) yang bertema “Integration Of Contemporary and Islamic Knowledge in Islamic Universities” dibuka di Auditorium Gedung Terpadu Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor, pagi tadi pukul 07:45 WIB. Seminar ini tahun lalu beranggotakan 3 Universitas dari 3 Negara yakni UNIDA Gontor, Universiti Sains Islam Malaysia (USIM) dan Universiti Sultan Sharif Ali (UNISSA) Brunei Darussalam, kini anggotanya bertambah dengan bergabungnya Fatoni University dari Thailand.

Sambutan pertama dari Prof Dr. Amal Fathullah Zarkasyi ,M.A. disusul sambutan kedua oleh KH. Hasan Abdullah Sahal. “Saya berharap, anak-anakku bisa lebih baik dari kami para pendahulu kalian” pesan Kyai Hasan berbahasa Arab.

Pembukaan SeIPTI kali ini sekaligus Launching Program Doktoral untuk prodi Ilmu Aqidah dan Filsafat Islam dengan dibacakannya Surat Keputusan Kemendikti oleh Prof Dr. Amsal Bakhtiar. Pembukaan SeIPTI berlangsung sangat meriah. Guyonan-guyonan segar dari para pembicara menjadikan atmosfer auditorium lebih hidup, seperti Prof. Amsal yang memberikan sambutannya dengan berbahasa Arab. Tetapi ujungnya malah membaca mahfudzot dan mengungkapkan bahwa beliau hampir kehabisan mufrodat. Gelak tawa audiens pun pecah menggema ruang seminar.

Selepas jeda coffe break pukul 09:30, acara dilanjutkan dengan penandatanganan MoU UNIDA Gontor dengan UNISSA, Fatoni Universiti, Universitas Ibnu Khaldun (UIKA) Bogor, Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) Semarang dan Universitas Muhammadiyah (UNMUH) Semarang.

Setelah pembukaan SeIPTI, acara dilanjutkan dengan Seminar yang dibuka oleh Dr. Dihyatun Masqon selaku moderator. Beliau  mempersilahkan satu per satu Keynote Speaker dari masing-masing universitas untuk menyampaikan topiknya. Keynote Speech pertama disampaikan oleh Dr. Hamid Fahmi Zarkasyi, M.Ed., M.Phil. dari UNIDA Gontor, kemudian dari USIM Malaysia diwakili oleh Dr. Musah Ahmad Naib, ketiga oleh  Dr. Abdul Nasir dari UNISSA Brunei Darussalam dan terakhir oleh Prof DR. Sukree Langputeh dari Fatoni University Thailand. Pembukaan Seminar berakhir pukul 12:30 Siang dengan agenda setelahnya Sholat Dzuhur dan makan siang.(Mina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *