Menumbuhkan Kesadaran Membaca Melalui “Pojok Literasi”

Menumbuhkan Kesadaran Membaca Melalui “Pojok Literasi”

UNIDA Gontor – Kondisi minat baca bangsa Indonesia memang cukup memprihatinkan. Berdasarkan studi “Most Littered Nation In the World” yang dilakukan oleh Central Connecticut State Univesity pada Maret 2016 lalu, Indonesia dinyatakan menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara soal minat membaca. (kompas.com) dari hasil penelitian ini banyak gerakan membaca buku di kampus-kampus Indonesia sudah mulai marak digerakan oleh mehasiswa. Salah satunya adalah Pojok Literasi.

Pojok Literasi yaitu gerakan membaca buku yang digagas oleh komunitas pecinta buku RAK BUKU bekerja sama dengan departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa Dewan Mahasiswa UNIDA GONTOR. Agenda ini dilaksanakan pada hari Kamis sore (1/2), dan yang diikuti oleh mahasiswa UNIDA.

Agenda ini terdiri dari beberapa stand. Stand yang pertama adalah lapak baca buku gratis dengan varian genre buku, selanjutnya adalah membuka stand donasi buku untuk menampung buku buku yang telah tak terpakai agar dapat dimanfaatkan dan dibaca lagi dan yang terakhir adalah bazzar buku-buku langka sepeti buku karangannya Syed Naquib Al-Attas yang berjudul “Konsep Pendidikan Islam” dan yang lainnya.

Agenda ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran membaca mahasiswa dari maraknya game online dan penggunaan medsos yang tak terkendali. Hal yang lebih besar dari itu adalah karena pegiat literasi merupakan hal sederhana yang paling konkrit saat menyandang gelar mahasiswa. Fariz Mirza/Ed. Ihsan Iskandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *