Menjaga Kualitas, Fakultas Tarbiyah Laksanakan Praktek Pengayaan Lapangan (PPL) Internasional

Menjaga Kualitas, Fakultas Tarbiyah Laksanakan Praktek Pengayaan Lapangan (PPL) Internasional

Awal tahun 2019, menjadi saksi kualitas Fakultas Tarbiyah. Pasalnya di awal tahun tersebut, Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor melaksanakan Praktek Pengayaan Lapangan (PPL) bertaraf Internasional di dua Negara yang berbeda. Pertama, di Ma’had Al-Irsyad Yala Thailand dilaksanakan pada tanggal 2 – 11 Januari 2019 diikuti oleh 42 Mahasiswi Kampus Mantingan Fakultas Tarbiyah. Kedua, dilaksanakan pada tanggal 15 – 21 Januari 2019 di Madrasah al-Khairiyah al-Islamiyyah Pokok sena Pulau Pinang Malaysia.

PPL Internasional di Madrasah al-Khairiyah al-Islamiyyah Pokok Sena Pulau Pinang Malaysia tersebut dilaksanakan oleh 18 mahasiswa Fakultas Tarbiyah Kampus Rabithah yang terdiri atas 10 Mahasiswa Prodi PBA dan 8 Mahasiswa Prodi PAI dengan dua dosen pembimbing, yaitu Ust. Yoke Suryadarma, M.Pd.I dan Ust. Moh. Alwi Yusron, MA.

Mahasiswa Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam & Bahasa Arab Laksankan Praktek Pengayaan Lapangan (PPL) International di Malaysia

Selama lebih kurang satu pekan, para mahasiswa melaksanakan pengajaran mata pelajaran yang telah di tentukan oleh kesepakatan antara panitia PPL dan pihak madrasah. Menurut panitia pelaksana PPL Internasional, Setidaknya ada sembilan Mata Pelajaran yang diajarkan memakai bahasa Arab dengan direct method dan sesuai dengan metode pengajaran yang ada di Pondok Modern Darussalam Gontor, kesembilan mapel tersebut adalah durusullughoh Al-Arabiyah, al-Muthola’ah, al-Muhadatsah, An-Nahwu, Ash-shorfu, Tafsir, Hadist, At-Tarikh al-Islamy, dan al-fiqh.

Sebelum melaksanakan pengajaran, mahasiswa sudah harus pembuat RPP atau I’dadu Tadris, yaitu perencaanan pengajaran yang berisi tentang materi ajar, meliputi tujuan pengajaran materi tersebut, cara pengajaran dan media atau alat yang dipakai, langkah-langkah pengajaran, isi materi dan evaluasi pengajaran. Setelah selesai membuat RPP, mahasiswa wajib mengoreksikan RPP tersebut kepada dosen Pembimbing untuk diperbaiki dan ditandatangani, setelah itu barulah mahasiswa mengajar di kelas yang telah ditentukan.

Ketika pengajaran berlangsung, dosen pembimbing melakukan observasi dengan melihat dan mengamati proses pengajaran yang dilakukan oleh para mahasiswa untuk kemudian dievaluasi bersama pada waktu naqdu tadris, selepas jam terakhir di ruang pertemuan madrasah.

Terakhir, PPL Internasional Fakultas Tarbiyah ini tidak terlepas dari persiapan mengajar, praktek mengajar, observasi kelas dan evaluasi pengajaran setiap harinya selama satu pekan. Diharapkan melalui PPL Internasional ini dapat lebih mempererat hubungan kedua negara, terutama hubungan UNIDA Gontor dengan Madrasah al-Khairiyah al-Islamiyyah  dan memberikan pengalaman yang sangat berkesan dan mendalam bagi para mahasiswa Fakultas Tarbiyah Kampus Rabithah. [Y.Suryadarma/PBA]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *