UNIDA Gontor Mengawali Tahun Baru Hijriyah Lewat Quantum Tahfizh

UNIDA Gontor Mengawali Tahun Baru Hijriyah Lewat Quantum Tahfizh

Sudah menjadi tradisi Pondok Modern Darussalam Gontor, bahwa para santri maupun mahasiswa wajib berada di pondok pada malam satu Muharram. Pondok Gontor mempunyai cara tersendiri dalam memperingati malam satu Muharrom atau yang lebih dikenal sebagai malam satu suro. Diantaranya adalah dengan mengadakan kajian ilmiah atau seminar pada malam tersebut dengan mendatangkan para pakar.

Malam satu suro kali ini, yang bertepatan dengan hari Rabu, 20 September 2017 Dewan Mahasiswa UNIDA Gontor kampus Robitoh (kampus dua) mengadakan seminar tentang Quantum Tahfizh : Keutamaan dan Metode Menghafal Al-Qur’an, dengan mendatangkan seorang hafizh sekaligus pakar Qiro’ah Asyroh (sepuluh macam bacaan Qiroat), yaitu Al Ustadz Dana Akhmad Dahlani, Lc.

Acara yang diadakan di Aula Robithoh, pukul 20.15-22.00 WIB ini berjalan dengan lancar, dan para mahasiswa pun terlihat sangat antusias dalam mengikuti acara ini. Di antara permasalahan serius yang perlu ditingkatkan oleh para mahasiswa adalah ghiroh (keinginan) mereka dalam menghafal, sehingga ust. Dana Dahlani memberikan motivasi sekaligus metode yang bisa meningkatkan semangat mahasiswa dalam menghafal. Memang faktanya, masih ada beberapa mahasiswa yang berguguran ketika mengikuti ujian tahfizh yang secara rutin diadakan setiap pekan oleh Markaz Qur’an UNIDA Gontor. Oleh karena itu dengan adanya acara ini diharapkan para mahasiswa mampu menghafal Al-Qur’an dengan baik sekaligus sampai kepada target yang diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *