Mencegah Lebih Baik daripada Mengobati, Pesan Rektor Sebelum Liburan

Mencegah Lebih Baik daripada Mengobati, Pesan Rektor Sebelum Liburan

Jum’at, 3 April 2020, Perpulangan di Universitas Darussalam Gontor akan dimulai pada hari Sabtu, 04 April 2020. Sebelum dilepasnya para mahasiswa untuk kembali ke daerah asalnya, tidak lupa UNIDA Gontor yang berstatus sebagai Universitas Pesantren melaksanakan Sunnah pondok modern yaitu memberikan pesan dan nasehat sebelum liburan yang diberikan langsung oleh bapak Rektor Universitas Darussalam Gontor.

Acara tersebut dihadiri oleh seluruh jajaran rektor yaitu Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A., Assoc. Prof. Dr. Hamid Fahmi Zarkasyi, M.Phil., Dr. Setiawan Bin Lahuri, M.A., serta Dr. Abdul Hafidz Zaid, M.A.

Diawali dengan pembacaan ayat suci al-Quran Al-Karim, membuka acara tersebut dengan hikmat sesuai dengan suasananya yang bertempat di dalam masjid, yang menjadikan acara tersebut bak Tausyiyyah Diniyyah atau ceramah sebagai pencerah bagi kehidupan sekarang dan yang akan datang.

Apresiasi Mahasiswa Berprestasi

Nasehat sebelum liburan ini kemudian dilanjutkan dengan pembacaan laporan Pertanggungjawaban Panitia Ujian Akhir Semester Genap Oleh Al-Ustadz Erik. Setelah itu masuklah ke acara inti yaitu pesan dan nasehat oleh bapak Rektor UNIDA Gontor, yaitu Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi dan Assoc. Prof. Dr Hamid Fahmi Zarkasyi, M.A., M.Phil.

Di akhir acara bapak rektor kemudian memberikan apresiasi bagi para mahasiswa berprestasi di depan seluruh mahasiswa dan hadirin yang turut ikut dalam acara tersebut yang dilanjutkan dengan pembacaan surat keputusan perpulangan oleh Al-Ustadz Samsirin, M.Pd.I.

Ada beberapa point point penting yang dapat diambil hikmahnya dan menjadi pegangan bagi mahasiswa bahkan para hadirin yang berada dalam acara tersebut. Dalam pidatonya, Prof. Dr. Amal Fathullah zarkasyi, M.A., menyampaikan agar kita sebagai seorang muslim harus bersabar dan juga harus selalu berhati hati dalam melakukan kegiatan ditengah tengah situasi saat ini.

Selalu Bersyukur

Beliau juga menguatkan hati para mahasiswa untuk selalu bersyukur dan bersabar dalam segala nikmat dan bala yang didapat. Beliau juga berpesan agar selalu menjaga kesehatan dan kondisi tubuh. “Karena mencegah lebih baik daripada mengobati,” tegas beliau.

Selain itu. beliau juga mewanti-wanti agar para mahasiswa selama di rumah selalu melakukan pekerjaan pekerjaan yan bermanfaat dan menjaga ibadah.

Setelah memberikan pesan dan tausiyyahnya beliau juga memberikan kabar gembira kepada seluruh Civitas Akademika yaitu akan adanya Ujian Doctoral Perdana, yang akan diadakan di kampus Universitas Darussalam Gontor.

Akhir kata, dalam nasehat sebelum liburan ini beliau memohon do’a kepada seluruh mahasiswa agar seluruh keluarga Universitas Darussalam gontor selalu dalam lindungan Allah Subhanahu Wata’ala dan selalu diberikan kesehatan dari segala jenis penyakit, serta beliau juga mendoakan para mahasiswanya agar selamat sampai tujuan dan terhindar dari segala marabahaya yang ada di perjalanan nanti. Allahumma Hawwin ‘alaiyna Safarona Hadza Wathwianna Bu’dahu, Allahumma Anta Al-Shohibu fii Al-safari wa Al-Kholiifatu Fii Ahlii. (Allam Setiawan/editor: Taufiq Affandi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *