Markaz Lughoh Gelar Pelatihan Perencanaan Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Non-Arab

Markaz Lughoh Gelar Pelatihan Perencanaan Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Non-Arab

UNIDA Gontor – Pengembangan kurikulum dalam bahasa Arab menjadi hal yang harus terus di gali oleh Universitas Darussalam Gontor. Sejak berdirinya Pondok Modern Darussalam Gontor bahasa menjadi suatu hal yang penting. Para santri di wajibkan untuk berbicara denga bahasa Arab. Sampai jenjang perguruan tinggi pengembangan Bahasa Arab terus dilakukan. Universitas Darussalam Gontor sebagai perguruan tinggi lanjutan Pondok Modern Darussalam Gontor terus melakukan kegiatan berupa seminar dan pelatihan mengajar bagi para mahasiswa khususnya jurusan pendidikan Bahasa Arab. Dalam kesempatan ini UNIDA Gontor kedatangan seorang guru besar bahasa Arab dari Universitas al-Malik Su’ud Riyad Saudi Arabia, Al-Ustadz Dr. Syamir bin Yahya Al-Mu’abbir. Dalam rangka mengisi kegiatan yang bertema “Ad-Dauroh At-Tadribiyah Al-Mukasyafah fi Binai Manahij ta’lim Allughoh Al’arobiah An-natiqiyah biha,”

Para peserta pelatihan berpose bersama Pemateri Dr Syamir bin Yahya Al-Muabbir, Rektor UNIDA Gontor Prof Dr. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A.

Acara ini diselenggarakan oleh Pusat Bahasa UNIDA Gontor berlangsung selama 7 hari, yang dimulai pada hari rabu tanggal 17-23 Mei 2017 bertempat di gedung Markaz Siroh Nabawiyah. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Bapak Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor K.H. Hasan Abdullah Sahal. dan ditutup oleh Rektor Universitas Darussalam Gontor Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A. dihadiri pula oleh Wakil Rektor III Dr. H. Dihyatun Masqon, M.A. Direktur Pusat Bahasa UNIDA Gontor Dr. H. Abdul Hafidz Zaid, M.A. dan Direktur Pusdiklat UNIDA Gontor Alif Cahya Setiadi, M.A.

Selanjutnya kegiatan ini di ikuti oleh 60 peserta yang terdiri dari Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Mahasiswa/i Pascasarjana UNIDA Gontor, utusan dari Gontor pusat, dan cabangnya serta beberapa pondok alumni Gontor diantaranya Pondok pesantren Darunnajah Jakarta, Pondok Pesantren Ridyadul Ulum Wa Dakwah Tasikmalaya, Pondok Pesantren Walisongo Ngabar, Pondok Pesantren Ar-Risalah Slahung-Ponorogo, Pondok Pesantren Al-Muqoddasah serta mahasiswa Universitas Sain Islam Malaysia (USIM) yang sedang mengadakan studi akhirnya di UNIDA Gontor.

Dalam pelatihan ini, Dr. Syamir bin Yahya Al-Mu’abir banyak memberikan masukan dan materi tentang metode pembelajaran bahasa arab yang mudah bagi pemula. Diantara materi yang disampaikan adalah maharotul istima’, maharatul kalam, maharotul kitabah, maharotul qiro’ah dsb. Kegitan ini tentunya sangat bermanfaat bagi para guru dan mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab dalam mengenalkan Bahasa Arab kepada peserta didiknya secara efektif dan efesien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *