manfaat Biji mangga bisa melawan jerawat? Lihat hasil penelitian mahasiswi UNIDA Gontor ini

manfaat Biji mangga bisa melawan jerawat? Lihat hasil penelitian mahasiswi UNIDA Gontor ini

Manfaat biji mangga! Penasaran dengan biji mangga yang sering terbuang, Mahasiswi UNIDA Gontor berhasil melakukan penelitian dengan manfaat biji mangga untuk mengatasi jerawat. mau tahu bagaimana manfaat dari biji mangga

Ketiga mahasiswi tersebut adalah Zulvia Faridatul Munawwaraha, Wafa Aufiab, dan Nurul Masitha. Dua nama pertama adalah mahasiswi jurusan Farmasi UNIDA Gontor, adapun yang terakhir adalah mahasiswi jurusan Gizi UNIDA Gontor.

Menurut mereka, penelitian mereka bertujuan untuk memanfaatkan limbah biji mangga dan untuk mengetahui daya antibakteri pada biji mangga, khusnya dalam melawan bakteri penyebab jerawat.

Mereka berusaha meneliti apakah biji mangga dapat dijadikan alternatif untuk “mencegah dan mengobati jerawat akibat Propionibcterium acnes,” tulis mereka di awal abstrak hasil penelitian mereka yang diterbitkan di PHARMACEUTICAL JOURNAL OF ISLAMIC PHARMACY, jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Farmasi UNIDA Gontor.

Penelitian mereka, secara singkat dijabarkan sebagai berikut, “Pada penelitian ini dilakukan uji daya antibakteri secara in vitro terhadap bakteri propionibacterium acnes. Simplisia biji mangga dibuat secara perkolasi dengan pelarut etanol,”

“Daya antibakteri ekstrak biji mangga diuji dengan metode difusi kertas cakram untuk mengetahui nilai Kadar Hambat Minimal (KHM). Ekstrak etanol biji mangga dengan konsentrasi 60% atau 0,6g/ml ekstrak etanol biji mangga memiliki zona hambat hingga 13,67 mm, pada konsentrasi 40% atau 0,4g/ml ekstrak menghasilkan10,1 mm dan pada konsentrasi 20% atau 0,2g/ml ekstrak menghasilkan diameter zona hambat 10,43 mm terdapat pada kisara 10-20 mm.”

Hasilnya, dari penelitian tersebut, mereka menemukan bahwa biji mangga memiliki efektivitas untuk menghambat bakteri penyebab timbulnya jerawat.

Jadi, bagi yang punya pohon mangga, siap-siap manfaatkan biji mangganya ya. [Taufiq]

Berita terkait

Jarang makan buah dan sayur, waspadai penyakit ini
Makan sama, berat badan turun, bisa?
Industri Farmasi: Saatnya Manfaatkan Big Data
Balita Gagal Tumbuh? Mungkin itu stunting. Apa itu stunting?
Kencing Manis? Diabetes Mellitus? Kenali sejak dini
PKM UNIDA Gontor “Pemanfaatan Biji Mangga sebagai Penghambat Propionibacterium acnes”

Artikel terpopuler

Ternyata Bahasa Arab di Gontor Diajarkan untuk Tujuan ini
Penjelasan Ilmiah kenapa Murid harus Percaya kepada Guru
PERSEMAR GONTOR (On Memoriam Peristiwa 19 Maret 1967)
Ikuti Latihan Menembak Nasional, MENWA UNIDA Gontor Masuk 10 Besar Penembak Terbaik di Malang
Ustadz Kholid : “Wisdom Alumnus”, Standar Lulusan Unida Gontor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *