Manajemen UNIDA Gontor, ajak Pelaku UMKM Ponorogo untuk Mengenali SWOT dan Perancangan BMC

Manajemen UNIDA Gontor, ajak Pelaku UMKM Ponorogo untuk Mengenali SWOT dan Perancangan BMC

Pada tanggal 13 Januari 2019, Program studi Manajamen UNIDA Gontor mengadakan pelatihan analisis Strength, Weakness, Opportunity, Treath (SWOT) dan perancangan Bussines Model Canvas (BMC) di Gedung CIES (Centre of Islamic Economic Studies).

Peserta pelatihan terdiri dari pelaku UMKM di daerah Ponorogo dan beberapa Mahasiswa. Ustadz Khoirul Umam, M.Ec. selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Manajemen menyampaikan sambutanya tentang mulianya seorang pedagang dimata islam. Seperti teladan kita Nabi Muhammad SAW, yang sudah mulai melakukan kegiatan perdagangan sejak belia.

Setelah sambutan kemudian diisi dengan pemaparan materi yang disampaikan oleh Ustadzah Dika Amalia, Dosen Manajemen UNIDA Gontor. Dimulai dengan menjelaskan bisnis dan macamnya kemudian masing-masing peserta mendapatkan templete BMC dan analisis SWOT. Pemaparan materi disampaikan kepada peserta secara perlahan dan coaching personal oleh dosen lainnya kepada masing-masing peserta.

Pemaparan Oleh Ustadzah Dhika Amalia

Proses pelatihan berjalan sangat menyenangkan, dimana setiap peserta secara aktif berdiskusi dan pemaparkan hasilnya didepan peserta lainnya. Tak jarang pertanyaan demi pertanyaan di lontarkan oleh peserta kepada pemateri. Feedbackpun timbul dari pemateri kepada peserta untuk memperbaiki BMC dan SWOT peserta.

Dengan diadakannya acara ini diharapkan pelaku UMKM mengetahui kelamahan dan kelebihannya masing-masing. Memahami komponen bisnis yang harus diperhitungkan sehingga bisa mencapai visi dan misi yang telah dirancang. Dengan adanya acara ini juga UNIDA Gontor telah menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat. [Iqbal Munir]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *