Makroekonomi Islam: Wujudkan Keadilan Sistem Ekonomi

Makroekonomi Islam: Wujudkan Keadilan Sistem Ekonomi

“Dalam ekonomi konvensional, tujuan makroekonomi ada 3, yaitu pertumbuhan ekonomi (economic growth), stabilitas harga (stability), dan rendahnya tingkat pengangguran (low unemployment rate),” papar Ustadz Khoirul Umam, Dekan Fakultas Ekonomi dan Manajemen UNIDA Gontor dalam sebuah video bertajuk “Indahnya Makroekonomi Islam.”

Lebih lanjut, beliau bertanya, “Lalu bagaimana dengan makroekonomi Islam, apakah memiliki tujuan yang sama? Sebelum menjawab pertanyaan itu, ada baiknya kita menjawab sebuah pertanyaan mendasar terlebih dahulu.”

“Pertanyaan itu antara lain; apakah tujuan manusia dalam Islam adalah untuk mendapatkan harta sebanyak-banyaknya? Apakah orang yang paling mulia adalah yang paling banyak hartanya? Apakah seseorang yang memiliki banyak harta dengan mendzolimi orang lain disebut sukses?,” papar Ustadz yang aktif mengajar di Prodi Ekonomi Islam dan Prodi Manajemen ini.

“Jika kita merenungi pertanyaan di atas, terutama pertanyaan yang terakhir, maka kita akan melihat bahwa proses untuk mendapatkan harta sangat penting dalam Islam. Sehingga, kita tidak dapat meletakkan PDB (product domestic bruto) yang tinggi, ataupun ukuran output lainnya yang tinggi, sebagai satu-satunya tujuan, tanpa memperhatikan proses,” papar Ustadz yang kerap menyumbangkan pemikirannya di PKUCIOS dan ICAST ini.

“Maka dalam makroekonomi Islam, tujuan yang utama adalah Keadilan Sistem Ekonomi. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Quran, Surat Al-Baqarah ayat 188, “Dan janganlah kamu makan (atau mengambil) harta (orang-orang lain) di antara kamu dengan jalan yang salah,” lanjut pemikir Ekonomi Islam yang November 2018 lalu menyampaikan keynote speech di 6th Asean Unversities International Conference on Islamic Finance, di Manila, Filipina ini.

Lalu bagaimana untuk mewujudkan Keadilan Sistem Ekonomi? Bagaimana mewujudkan sistem pasar yang adil, perilaku konsumsi dan produksi yang baik dalam Islam? Apa saja kunci mewujudkan pertumbuhan ekonomi dengan pemerataan yang adil serta stabilitas ekonomi? Temukan lebih lengkap dalam video berikut:

Video tersebut merupakan salah satu video dari seri Pintu-pintu Rezeki yang dipersembahkan oleh UNIDA Gontor, bekerjasama dengan Gontor TV. Dalam episode lain dari seri tersebut, terdapat berbagai tips, antara lain untuk bijak menyikapi hutang, menjadi pedagang sukses dunia akhirat, serta berbagai kunci lainnya untuk mendapatkan rezeki yang barakah.  [Taufiq]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *