Makan sama, berat badan turun, bisa?

Makan sama, berat badan turun, bisa?

Dua orang yang memiliki pola makan yang sama, bisakah memiliki berat yang berbeda? Seseorang yang tidak merubah pola makan, bisakah menurunkan berat badan?

Sebuah penilitian yang dilakukan oleh oleh Della Ardyana Muwakhidah dan Wahyuni dan diterbitkan di Darussalam Nutrition Journal menunjukkan bahwa hal tersebut mungkin saja terjadi. Dalam penelitian yang dilakukan pada siswa sebuah sekolah menengah di Surakarta tersebut, peneliti menemukan bahwa antara anak yang overweight dan non-overweight tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam asupan lemaknya.

Penelitian ini melibatkan 41 anak overweight dan 41 anak non-overweight dengan mencoba mencari korelasi antara asupan lemak dan kebiasaan olahraga para siswa.

“Tidak ada perbedaan asupan lemak pada siswa dengan status gizi overweight dan non-overweight,” papar tulisan tersebut. Namun ada perbedaan pada kebiasaan olahraga pada dua kelompok siswa tersebut.

Untuk itu, peneliti menyarankan untuk berolahraga setidaknya 3 kali sehari dengan durasi 30 menit. Olahraga tersebut dapat berupa olahraga aerobik seperti jogging, bersepeda, ataupun olahraga anaerobik.

Meskipun perbedaan pada dua kelompok tersebut adalah pada olah raganya, peneliti tetap menyarankan agar kita tetap membatasi makanan yang mengandung banyak lemak seperti gorengan. “Dan sebaiknya memperbanyak sayuran,” ungkap peneliti sembari menegaskan dengan mengutip ayat Al-Quran surat Al-A’raf ayat 31 yang artinya, “…makan dan minumlah, tetapi jangan berlebih. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebihan.”

Jadi, siap untuk menurunkan berat badan? Masih ingin menikmati es krim favorit anda? Tambah aktivitas fisik, tambah olahraga, dan tentunya lebih baik lagi jika mengurangi asupan lemak dan memperbanyak sayuran.

 

(Taufiq. Image by stevepb on Pixabay)

Berita terkait:

Industri Farmasi: Saatnya Manfaatkan Big Data

Balita Gagal Tumbuh? Mungkin itu stunting. Apa itu stunting?

Kencing Manis? Diabetes Mellitus? Kenali sejak dini

 

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *