Mahasiswi UNIDA Gontor Melakukan Praktek Pengayaan Lapangan di Pon-Pes Darul Amanah Kendal

Mahasiswi UNIDA Gontor Melakukan Praktek Pengayaan Lapangan di Pon-Pes Darul Amanah Kendal

Kegiatan Praktek Pengayaan Lapangan (PPL) merupakan salah satu program studi yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa fakultas Tarbiyah. Terutama bagi mereka yang telah duduk pada semester VI. Kegiatan PPL kali ini merupakan program yang dilaksanakan oleh mahasiswi UNIDA Gontor kampus Mantingan. Yang mana mahasiswi tarbiyah kampus Mantingan yang mengikuti program ini terdiri dari Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Pendidikan Bahasa Arab (PBA). Adapun jumlah keseluruhan peserta adalah 47 mahasiswa.

Kegiatan yang menjadi sarana peningkatan kualitas mahasiswi ini dilaksanakan pada tanggal 18-23 Rabiu al-Tsani 1436/8-13 Februari 2015 yang bertempat di Pondok Pesantren Darul Amanah Sukorejo Kendal Jawa Tengah. Pondok Pesantren Darul Amanah merupakan Pondok Alumni Gontor (pondok yang didirikan oleh alumni Pondok Modern Darussalam Gontor) yang dipimpin oleh Al-Ustadz K.H. Mas’ud Abdul Qodir. Di Pondok tersebut telah terdapat 3 lembaga pendidikan yaitu Madrasah Aliyah, Sekolah Menengah Kejuruan dan Madrasah Tsanawiyah.

Pada program PPL tersebut mahasiswa dituntut untuk mampu menerapkan ilmu yang telah dipelajarinya di bangku kuliah. Untuk itu, sebagian kegiatan yang diimplementasikan oleh peserta PPL di antaranya adalah Kegiatan Praktek Mengajar di berbagai kelas baik tingkatan MTs maupun MA dengan jumlah 18 kelas. Kegiatan mengajar tersebut berlangsung selama 2 hari. Di samping itu, mahasiswa juga diwajibkan untuk melakukan observasi dan evaluasi (Naqdu Tadris) terhadap pengajaran yang dilakukan temannya sendiri.

Selain mengajar dan mengevaluasi yang notabene terjadi di dalam kelas, kegiatan PPL lainnya adalah memberikan pelatihan-pelatihan pengajaran di luar kelas. Di antaranya adalah mengikuti secara aktif kegiatan ekstrakulikuler pondok seperti: Pidato, Pramuka, Tahsinul Qiro’ah, Merajut, Correl, Tata Rias, Keterampilan Scotlitt, Acrilic, dan lain sebagainya.

Adapun sebagai kegiatan penutup program PPL ini, mahasiswa bekerjasama dengan pihak pesantren dalam mengadakan acara pentas seni. Kegiatan tersebut merupakan program kerjasama antara santriwan dan santriwati dengan bimbingan dari para guru atau asatidz.

Adapun tujuan akhir dari program Praktek Pengayaan Lapangan ini pada akhirnya adalah menjalin silaturrahim antar pondok pesantren serta mentransformasikan ilmu pengetahuan kepada santri-santri pondok pesantren tersebut. Selain itu, mahasiswa UNIDA Gontor pun diharapkan mampu mengambil pelajaran berharga dari kegiatan tersebut terutama yang berhubungan dengan proses belajar mengajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *