Perluas Wawasan ; Mahasiswi Fakultas Tarbiyah Adakan Studi Kependidikan di Brunei Darussalam

Perluas Wawasan ; Mahasiswi Fakultas Tarbiyah Adakan Studi Kependidikan di Brunei Darussalam

Universitas Darussalam (UNIDA) Pondok Modern Darussalam Gontor Putri adalah Perguruan Tinggi Pesantren yang mencetak kader umat, berusaha mengembangkan mahasiswinya dengan membekali mereka ilmu pengetahuan dan kemasyarakatan. Sebagai lembaga pendidikan tinggi, Universitas Darussalam bertujuan untuk menciptakan manusia yang berbudi tinggi, berbadan sehat, berpengetahuan luas dan berpikiran bebas. Untuk mencapai tujuan tersebut dilaksanakanlah TRIDHARMA perguruan tinggi, yaitu : Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat.

Mahasiswi UNIDA sebagai mahasiswi santri dituntut mampu mengembangkan diri guna menghadapi tantangan hidup di masyarakat. Karena itu perlu pembekalan dan wawasan yang luas, baik dari dalam maupun luar kampus.

Fakultas Tarbiyah sebagai fakultas yang mempelajari tentang masalah kependidikan diharapkan dapat menghasilkan sarjana mu’minah intelek yang mampu memberikan kontribusi nyata dalam mengembangkan pendidikan di Indonesia agar lebih maju dan berkembang.

Mahasiswi Fakultas Tarbiyah Universitas Darussalam dituntut untuk berperan dalam pengembangan pendidikan, keilmuan, dan dalam menyikapi fenomena sosial pendidikan Islam dengan mempertimbangkan problem umat Islam dan kemajuan IPTEK dewasa ini. Oleh karena itu mahahasiswi harus mampu melihat, mendengar, meneliti, memiliki kepekaan yang tinggi, ikut andil dalam dinamika intelektual yang menuntut penguasaan sistem, dan modal berupa pengetahuan yang luas dengan tidak meninggalkan sikap kritis, kreatif dan konstruktif.

Atas dasar pemikiran di atas, Senat Mahasiswi Fakultas Tarbiyah Universitas Darussalam bermaksud mengadakan Studi Kependidikan ke negara Brunei Darussalam sebagai salah satu usaha pengembangan wawasan keilmuan mahasiswi, menambah khazanah pengetahuan dan informasi, serta menjalin silaturrahmi guna memperkuat ukhuwah islamiyah dengan lembaga pendidikan lainnya.

Studi Kependidikan yang diikuti oleh 43 mahasiswi dan 2 pembimbing (K.H. Heru Saiful Anwar, M.A. dan Muhammad Ismail, M.Pd.I) tersebut bertujuan untuk : Mempererat tali silaturahmi antar lembaga pendidikan, Studi Kependidikan mahasiswi terhadap program akademik dan kemahasiswaan di Universitas, Memperluas wawasan mahasiswi tentang perkembangan manajemen kurikulum dan pola pembelajaran, serta Memperluas wawasan mahasiswi tentang perkembangan dunia pendidikan khususnya yang terkait dengan pendidikan dan pengajaran di lembaga-lembaga yang ada di negara Brunei Darussalam.

Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 29 Dzulhijjah 1436 sampai 6 Muharram 1437 yang bertepatan dengan tanggal 12 Oktober 2015 sampai dengan 19 Oktober 2015 dengan objek sebagai berikut:

  1. Universiti Islam Sultan Syarif Ali (UNISSA)
  2. Universiti Brunei Darussalam (UBD)
  3. Kolej Universiti Perguruan Ugama Seri Begawan (KUPU SB)
  4. Yayasan Sultan Haji Hassanal Bolkiah
  5. Sekolah Al-Falah
  6. Institut Tahfidz Al-Qur’an Sultan Haji Hassanal Bolkiah Brunei Darussalam
  7. State Mufti of Brunei Darussalam
  8. Kedutaan Besar Republik Indonesia di Brunei Darussalam

Semua objek di atas dilihat dan dikaji dari sudut pandang pendidikan dan pengajaran sehingga mahasiswa diharapkan mampu mengambil nilai-nilai pendidikan khususnya dan Islam pada umumnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *