Mahasiswi Fakultas Tarbiyah Lakukan SPL ke Beberapa Institusi Pendidikan di Malaysia

Mahasiswi Fakultas Tarbiyah Lakukan SPL ke Beberapa Institusi Pendidikan di Malaysia

Malaysia – Fakultas Tarbiyah Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor yang terdiri dari Prodi Pendidikan Agama Islam dan Prodi Pendidikan Bahasa Arab Semester 5 kampus putri mengadakan Studi Pengalaman Akademik ke Malaysia. Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan mahasiswi maka dari itu mereka dibekali wawasan mengenai pendidikan yang ada di luar negeri sebagai titik temu antara materi yang telah mereka pelajari selama di kelas dengan situasi dan kondisi yang ada di lapangan khususnya di Malaysia.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari selasa, 22 Agustus sampai dengan hari rabu, 30 Agustus 2017. Rombongan Fakultas Tarbiyah ini terdiri dari dua pembimbing yaitu Al-Ustadz KH. Heru Saiful Anwar, M.A selaku wakil dekan Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor dan Al-Ustadzah Ifa Rodifah Nur, M.Pd.I beserta 52 mahasiswi fakultas tarbiyah kampus putri Mantingan.

Dalam rangka Studi Pengayaan Lapangan (SPL) ini mahasiswi mengunjungi beberapa Universitas yang ada di Malaysia di antaranya International Islamic University Malaysia (IIUM), University Sains Islamic Selangor (USIM), Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM), dan Perdana Leadership Foundation selain itu mahasiswi juga mengikuti pengajian yang diadakan oleh FORKOMMI yang diisi oleh Dr. H. Muhammad Hidayat Nur Wahid, M.A. dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang ke 72 yang diadakan di masjid As-Syakirin.

Dalam salah satu pertemuan dengan Dekan Fakulti Pengajian Bahasa Utama (FPBU) USIM Assoc. Prof. Dr. Noor Azizi bin Ismail beliau sangat terkesan dengan kemampuan bahasa para mahasiswi yang sangat terampil dalam berbicara bahasa Arab maupun bahasa Inggris. Beliau menyampaikan “Saya sangat terkesan dengan kemampuan bahasa kalian, terlihat dari bagaimana cara kalian menyampaikan beberapa pertanyaan”.

Selain kunjungan ke beberapa Universitas yang ada di Malaysia mahasiswi juga diberi tugas untuk mewawancarai turis-turis yang berada di sekitar tempat wisata yaitu di sekitar masjid Putra Jaya dan di Colmare Tropical. Hal ini bertujuan untuk mengetahui keadaan pendidikan yang ada di Negara para turis dan juga menguji kemampuan bahasa asing serta melatih keberanian mereka untuk berbicara dengan turis yang berasal dari berbagai Negara yang selanjutnya mahasiswi mempresentasikan hasil wawancara tersebut di depan dosen pembimbing dan semua peserta SPL.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *