Mahasiswa UNIDA Gontor Ramaikan Acara Pertemuan Mahasiswa HI di Solo

Mahasiswa UNIDA Gontor Ramaikan Acara Pertemuan Mahasiswa HI di Solo

Pertemuan Nasional Mahasiswa Hubungan Internasional se-Indonesia (PNMHII) adalah acara pertemuan nasional mahasiswa hubungan internasional se Indonesia, yang merupakan acara dari Forum Komunikasi Mahasiswa HI se-Indonesia (FKMHII). Pertemuan ini dihadiri oleh perwakilan dari seluruh mahasiswa HI se Indonesia tiap kampusnya. Panitia pelaksana acara ini adalah Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang merupakan anggota KORWIL IV dan bertempat di Kusuma Sahid Prince Hotel, Surakarta. Tema acara ini adalah “Re-actualization and Revitalization of Indonesia as a Maritime Country into World’s Maritime Fulcrum.” Acara tersebut dihadiri oleh setiap delegasi dari 42 kampus se Indonesia. Acara ini dimulai pada tanggal 15 November 2015 hingga 20 November 2015 .

Untuk memudahkan komunikasi ini, dibentuklah sebuah Koordinasi wilayah dari setiap daerah, yang dibagi menjadi 6 Koordinasi Wilayah (KORWIL). Korwil I adalah wilayah pulau Sumatera, korwil II wilayah jabodetabek, korwil III wilayah bandung, korwil IV wilayah DIY dan Jawa Tengah, korwil V wilayah Kalimantan, dan Sulawesi, serta yang terakhir adalah korwil VI wilayah Jawa Timur, Bali,NTT, dan NTB. Setiap korwil memiliki Presiden Nasional (PRESNAS) sebagai kepala koordinator.

Acara ini berisi Seminar Nasional, Sidang Forum, Join Statement Forum, Short Diplomatic Course, dan diskusi ilmiah. Acara utama dalam PNMHII adalah sidang forum, dimana setiap korwil dan presnas bermusyawarah mengenai FKMHII. Adapun acara-acara yang lain yakni bertujuan untuk berbagi ilmu dan pengalaman, serta menambah jaringan kerjasama. Dapat dikatakan tujuan utama dari FKMHII adalah menjalin sillaturahmi antar mahasiswa HI se Indonesia.

Dalam acara ini Universitas Darussalam Gontor mengutus 7 mahasiswanya yaitu: Muhammad Irfan Al Amin, Rizal Adlan Mustafa, Ikhalid Rizqy Al Raihan, Adib Lutfi, Azwar Fadillah Zulham, Reza Adam, Maulana Luqman Firdaus. Diharap dengan keikutsertaan mahasiswa dalam acara ini dapat menambah wawasan serta memperluas jaringan kerjasama diantara sesama para penstudi HI, baik dalam sisi akedemik maupun non akademik.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *