Mahasiswa Tarbiyah UNIDA Gontor Ikut Serta dalam Lomba Essay Nasional 2015

Mahasiswa Tarbiyah UNIDA Gontor Ikut Serta dalam Lomba Essay Nasional 2015

Pendidikan merupakan lembaga utama yang memainkan peranan penting dalam membangun sebuah kemajuan. Maju mundurnya suatu negara ditentukan oleh pendidikan. Pendidikan yang dapat mengarah ke tujuan itu adalah sistem pendidikan berkualitas yang dapat mencetak generasi bangsa yang bertakwa, mandiri, dan cendekia.

Mahasiswa program studi pendidikan bahasa Arab fakultas tarbiah universitas Darussalam Gontor mengikuti lomba menulis Essay Nasional yang di selenggarakan oleh Hima KP (Himpunan Mahasiswa Kebijakan Pendidikan) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta dengan tema “Pendidikan Sebagai Gerakan Pencerdasan Generasi Muda yang Bertakwa, Mandiri, dan Cendikia”.

Lomba essay ini diikuti oleh seluruh mahasiswa aktif D3/S1 di seluruh penjuru Indonesia. Adapun serangkaian lomba terdiri dari pengumpulan essay mulai tanggal 15 – 22 September 2015. Pada tanggal 01 Oktober pengumuman lolos presentasi dan tanggal 10 Oktober 2015 di lanjutkan dengan presentasi essay yang bertempat di Abdullah Sigit Hall, Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.

Lomba essay ini diambil 10 karya terbaik untuk dipresentasikan. Moh. Fairus Sholeh mahasiswa Prodi PBA Fakultas Tarbiyah UNIDA berhasil masuk nominasi 10 karya terbaik dan lolos untuk mempresentasikan karyanya. Mahasiswa yang masih duduk di semester tiga ini menulis essay dengan judul “Integrasi Sistem Pesantren dan Perguruan Tinggi Dalam Mewujudkan Pendidikan Berkualitas dan Mahasiswa Ber-Intelek Islami”.

Setelah lomba presentasi berjalan dengan lancar. Mahasiswa delegasi UNIDA belum mendapatkan keberuntungan menjadi juara. Juara pertama di juarai oleh delegasi mahasiswa UI, ke 2 delegasi mahasiswa Universitas Diponegoro (UNDIP), dan ke 3 delegasi mahasiswa UGM. Semoga dengan mengikuti kegiatan dan kompetisi ini, mahasiswa terus bersemangat dalam belajar terutama dalam menulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *