Mahasiswa Tarbiyah Kampus Pusat Melakukan PPL Di Pondok Riyadlul Ulum Wadda’wah Condong Tasikmalaya

Mahasiswa Tarbiyah Kampus Pusat Melakukan PPL Di Pondok Riyadlul Ulum Wadda’wah Condong Tasikmalaya

Salah satu tujuan pembelajaran di Fakultas Tarbiyah Universitas Darussalam Gontor adalah membentuk alumni yang mampu mengajar di berbagai lembaga pendidikan. Untuk mewujudkan tujuan tersebut Fakultas Tarbiyah merumuskan kurikulum yang mengedepankan pada aspek pendidikan dan pengajaran. Seluruh mahasiswa Fakultas Tarbiyah diharapkan mampu menguasai teori-teori yang telah dipelajari di dalam kelas kemudian menerapkannya dalam praktek mengajar.

Dalam rangka menanamkan jiwa pendidik kepada mahasiswa maka Fakultas Tarbiyah memberikan izin kepada mahasiswa Fakultas Tarbiyah untuk melakukan praktek mengajar di berbagai lembaga pendidikan. Adapun lembaga yang telah disepakati untuk praktek mengajar mahasiswa Tarbiyah kampus Pusat adalah Pondok Pesantren Riyadlul Ulum Wadda’wah Condong, Tasikmalaya yang dipimpin oleh K.H. Diding Darul Falah.

Dalam acara pelepasan peserta PPL di Aula CIOS UNIDA Gontor, Dr. Imam Bahroni selaku Dekan Fakultas Tarbiyah menghimbau agar seluruh mahasiswa serius dalam mengikuti kegiatan PPL. Mahasiswa diharapkan mampu mengambil berbagai manfaat selama berada di pondok Riyadlul Ulum Wadda’wah Condong, Tasikmalaya.

Praktek Pengayaan Lapangan (PPL) oleh mahasiswa Fakultas Tarbiyah ini berlangsung pada tanggal 8 – 15 Maret 2018. Adapun jumlah peserta PPL terdiri dari 32 mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan 19 mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA). Mereka dibimbing secara intensif oleh 3 dosen yaitu Muhammad Ismail, M.Pd.I, Aufa Alfian, M.A., dan Taufik Rizki Sista, M.Pd.

Acara PPL tersebut dibuka secara resmi oleh al-Ustadz Drs. H. Mahmud Farid, M.Pd. Beliau mewakili bapak pimpinan yang berhalangan hadir. Acara pembukaan diadakan di aula pondok Riyadlul Ulum Wadda’wah. Acara tersebut dihadiri oleh Drs. H. Endang Rahmad (Pimpinan SMP Terpadu Putra), Budi Syihabuddin, M.Pd. (Pimpinan SMP Terpadu Putri), Drs. H. Mahmud Farid, M.Pd. (Pimpinan Terpadu SMA), beserta pengajar-pengajar di pondok tersebut.

Mahasiswa Fakultas Tarbiyah diberikan kesempatan mengajar mulai pukul 07.30 hingga pukul 15.00 WIB. Selain mengajar di dalam kelas, mahasiswa juga melibatkan diri secara aktif di berbagai kegiatan pondok di luar kelas seperti muhadatsah, tahsin qira’ah, ilqa’ mufradat,  mengaji kitab kuning, olah raga, dan lain sebagainya.

Di akhir acara PPL nanti akan diadakan penandatanganan MoU antara Fakultas Tarbiyah Universitas Darussalam Gontor dengan Pondok Pesantren Riyadlul Ulum Wadda’ah Condong, Tasikmalaya. Hal ini bertujuan untuk memperkuat hubungan kedua lembaga dan saling bersinergi dalam upaya memajukan pendidikan di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *