Mahasiswa Prodi PBA Sukses Gelar Seminar dan Pelatihan Tarjamah Bahasa Arab

Mahasiswa Prodi PBA Sukses Gelar Seminar dan Pelatihan Tarjamah Bahasa Arab

Salah satu keberhasilan dari mempelajari bahasa Arab adalah bagaimana caranya dapat memahami perkataan orang Arab baik secara lisan maupun tertulis. Untuk menciptakan strategi kemahiran dalam bidang ini, mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) UNIDA Gontor mempunyai beberapa agenda terkait dengan keterampilan tarjamah ini. Tujuannya adalah supaya para mahasiswa Universitas Darussalam Gontor bisa mentarjamahkan bahasa Arab ke bahasa Indonesia secara baik dan ideal.

Untuk menunjang hal tersebut, Prodi PBA UNIDA Gontor menyelenggarakan seminar dan pelatihan tarjamah dengan tema “-الترجمة من إحدى وسائل التفاهم والتعارف والتفاعل بين الشعوب ثقافاتها- ”. Acara tersebut diadakan pada hari Kamis dan Jum’at, 15 hingga 16 Oktober 2015.

Seminar dan pelatihan tarjamah yang bertempat di Centre for Islamic and Occidental Studies (CIOS) tersebut diikuti oleh seluruh mahasiswa program studi pendidikan bahasa Arab dan mahasiswa dari berbagai program studi yang ada di Universitas Darussalam Gontor.

Adapun yang menjadi pembicara dalam acara seminar dan pelatihan tarjamah di antaranya adalah Dr. K.H. Ahmad Hidayatullah Zarkasyi, M.A. dari UNIDA Gontor, Dr. Ali Abdul Mun’im, M.A. dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan Drs. Asmuni M.Pd. alumni PM Darussalam Gontor yang mempunyai keterampilan dalam bidang tarjamah.

Peserta sangat antusias mengikuti seminar dan pelatihan tarjamah yang telah berlangsung selama dua hari tersebut. Sebab, peserta diajak untuk dapat menerjamahkan dan mengartikan bahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia secara langsung (fauriyan) maupun tertulis (kitabiyan). Dalam metode kitabiyan ini pemakalah menjelaskan kepada peserta tentang bagaimana mengartikan tulisan bahasa Arab yang ada di kitab klasik maupun kontemporer ke dalam bahasa Indonesia dengan tepat.

Salah satu tujuan acara seminar dan pelatihan tarjamah bahasa Arab ini adalah untuk meningkatkan kualitas bahasa Arab mahasiswa Prodi PBA khususnya, dan seluruh mahasiswa Universitas Darusslam Gontor pada umumnya. Adapun poin penting yang dapat diambil dari acara tersebut adalah bahwa dengan tarjamah yang benar memberikan pengaruh terhadap pemahaman yang benar terhadap teks maupun konteksnya.

Acara tersebut berakhir pada hari Jum’at sore dan ditutup dengan pemberian kenang-kenangan kepada pemakalah dan dilanjutkan dengan foto bersama para panitia pelaksana seminar dan pelatihan tarjamah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *