Mahasiswa Prodi Hubungan Internasional (HI) UNIDA Gontor ikuti acara Jogja International Model United Nations (JOINMUN)

Mahasiswa Prodi Hubungan Internasional (HI) UNIDA Gontor ikuti acara Jogja International Model United Nations (JOINMUN)

Program Studi HI UNIDA Gontor menunjukan eksistensinya dalam kancah internasional dengan mengirim dua delegasi dalam acara Jogja International Model United Nations (JOINMUN) yang diselenggarakan oleh Korps. Mahasiswa hubungan internasional (KOMAHI) Universitas Gadjah Mada. Dalam kesempatan ini, HI UNIDA diwakili oleh Khoir Muhammad Najib dan Muhammad Faisal Fadhlurrahman mahasiswa semester III. Dalam acara tersebut, najib sebagai delegasi Indonesia dan faisal sebagai delegasi United Kingdom.

Acara ini diadakan pada tanggal 11-14 November di Hotel Harper Mangkubumi Yogyakarta. Hari pertama dibuka dengan sambutan para penyelenggara dan opening ceremony sekaligus simulasi konferensi di Aula Hotel Harper Mangkubumi. Hari kedua dan ketiga diisi dengan konferensi masalah isu Hak Asasi Manusia dengan Tema “Recalling The Past Remapping The Future” dengan perwakilan dari negara masing-masing yang telah di tentukan oleh panitia, antara lain Indonesia, United Kingdom, France, Ireland, USA, Saudi Arabia, Namibia, Vietnam, Japan, Netherland, Pakistan, Argentina, Slovakia, Ghana, Germany, India, Ghabon, Russia, Croatia, China, dan negara lainnya. Setiap negara diwakili oleh satu delegasi dan konferensi ditutup di hari terakhir dengan acara closing ceremony yaitu acara photo session dan awarding session.

Untuk menunjang kemampuan mahasiswa dalam bernegosiasi baik terhadap negara maupun actor non negara, maka mahasiswa HI harus mengikuti kegiatan diluar bangku perkuliahan seperti JOINMUN ini, agar dapat mengikuti perkembangan keilmuan serta wawasan dan penelitian, dan dapat memperluas jaringan kerjasama dalam lingkup keilmuan HI.

Semoga dengan mengikuti acara ini mahasiswa mendapatkan wawasan yang luas dan dapat lebih inisiatif untuk menyelenggarakan acara yang serupa di kampus UNIDA Gontor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *