Mahasiswa PBA UNIDA Gontor menjadi Presenter dalam Konferensi Internasional Bahasa dan Sastra Arab (BSA-IC) 2017

Mahasiswa PBA UNIDA Gontor menjadi Presenter dalam Konferensi Internasional Bahasa dan Sastra Arab (BSA-IC) 2017

Bahasa Arab termasuk salah satu bahasa asing yang banyak diajarkan di belahan dunia, termasuk di dalamnya negara Indonesia. Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia telah sukses diajarkan ke berbagai sekolah dan pondok pesantren bahkan perguruan tinggi. Telah banyak perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia yang membuka jurusan khusus pembelajaran bahasa Arab, seperti Jurusan Bahasa dan Sastra Arab (BSA) dan Pendidikan Bahasa Arab (PBA).

Pada kali ini, Jurusan Sastra dan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung mengadakan Konferensi Internasional Bahasa dan Sastra Arab (BSA-IC) dengan bertemakan “Lulusan Sastra Arab: Antara Tantangan dan Harapan Menghadapi Dunia Global”.

Acara tersebut diadakan pada hari senin, 23 Oktober 2017 bertempat di Gedung Utama Anwar Musyaddad, Kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung bersama dengan empat keynote speaker Dr. Moh. Eltayeb Moh. Hussein (dosen bahasa Arab Sudan), Dr. Faris Al-Badr (dosen bahasa Arab Yaman), Anan Nurdin, Lc. (jurnalis Al-Jazeera Indonesia) dan Dr. Izzuddin, M.A. (ketua prodi S3 bahasa Arab).

Dalam kesempatan ini, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) UNIDA Gontor sebagai salah satu Program Studi yang memfokuskan dalam pembelajaran bahasa Arab juga turut berpartisipasi dengan mengutuskan delegasinya, yaitu Moh. Fairus Sholeh dan Fariz Mirza Abdillah,  dimana keduanya merupakan, mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor untuk menjadi presenter dalam acara seminar internasional tersebut dengan makalah berjudul “تصميم كتاب دروس اللغة مؤسسا على تطبيق الأندرويد”.

Makalah tersebut disusun bersama oleh Adhim Zainury Mustafa, Muhammad Fairus Shaleh,  Fariz Mirza Abdillah dengan dibimbing oleh Al-Ustadz Alif Cahya Setiyadi, M.A. fokus utama makalah tersebut menggambarkan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran bahasa Arab di era yang serba canggih dengan mendesain sebuah kitab Durusullughah al-Arabiyah dengan berbasis aplikasi android.

Harapan dari Seminar internasional adalah bertujuan untuk membekali kompetensi yang harus dimiliki oleh Calon Lulusan Bahasa Dan Sastra Arab dan Pendidikan Bahasa Arab dalam menghadapi tantangan di era globalisasi, dari segi peluang-peluang yang dapat diwujudkan, faktor-faktor yang memengaruhi pengembangan potensi dan peluang, serta langkah-langkah strategis dalam menatap masa depan dan prospek Bahasa dan Sastra Arab di Indonesia dan dunia global dari aspek bisnis, pariwisata dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *