Mahasiswa PBA UNIDA Gontor Lakukan SPL ke Beberapa Lembaga Pendidikan di Jawa Tengah

Mahasiswa PBA UNIDA Gontor Lakukan SPL ke Beberapa Lembaga Pendidikan di Jawa Tengah

Pengalaman merupakan hal terpenting dalam menuntut ilmu terutama bagi mahasiswa pendidikan. Tepat pada tanggal 11 Maret 2017 mahasiswa Program studi pendidikan Bahasa Arab dilepas langsung oleh Ust. Alif Cahya Setiyadi, M.A selaku ketua prodi PBA UNIDA Gontor untuk mengikuti salah satu agenda Prodi Bahasa Arab yaitu Studi Praktek Pengayaan Lapangan.

Kegiatan Studi kependidikan (SPL) Mahasiswa PBA UNIDA Gontor dilaksanakan dari hari ahad-selasa, 12-14 maret 2017 yang bertempat di lima tempat objek studi. Peserta yang mengikuti seluruhnya dari mahasiswa PBA yang terdiri dari 39 orang semester 2 dan 18 orang semester 4 serta 3 orang dosen pembimbing, kegiatan ini dipanitiai langsung oleh Himpunan Mahasiswa PBA UNIDA Gontor.

Kunjungan pertama yang bertempat di pondok pesantren Al-Anwar 1 Rembang disambut hangat oleh keluarga besar pondok tersebut, lebih dari pada itu, KH. Maemun Zubair selaku pimpinan pondok menyambut dengan penuh hangat bliau berpesan, “Antum adalah Tajdid, Tajdid dalam segala hal yang terjadi sekarang, tetapi ingat tajdid yang kalian lakukan harus sesuai dengan firman Allaw SWT dan sunah Nabi SAW, tutur bliau.

Tidak hanya di pondok pesantren Al-Anwar 1, di objek yang lain mereka juga banyak mendapatkan pesan dan nasehat, baik dari pondok pesantern Al-Anwar 2, Institut Pesantren Matoilul Fala (IPMAPA) Pati, pondok pesantern Darul Falah Amsilati yang terkenal dengan metode cepat baca kitab kuning, dan sekolah luar biasa negeri (SLBN) Semarang, sekolah yang berisikan anak-anak khusus (cacat) dengan kemampuan-kemampuan yang bermacam-macam sehinga bagi siap yang melihatnya seolah kita akan berfikir, “mereka bisa, kenapa kita yang sempurna tidak bisa”, satu kata yang dilontarkan oleh salah satu guru SLBN Semarang, “mereka bukanlah seputung rokok yang berada ditumpukan sampah, tetapi mereka adalah emas yang tersembunyi oleh lumpur.

Kegiatan studi kependidikan disetiap objek studi yang menjadi sasaran pembelajaran tidak lepas dengan dari tujuannya, untuk mempelajari segala hal berkaitan dengan pendidikan khususnya pendidikan Bahasa Arab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *